IPB University

Expo Digitalisasi Agribisnis, IPB University Pamerkan 50 Prototipe Inovasi Digital Mahasiswa

Expo Digitalisasi Agribisnis memamerkan 50 prototipe inovasi digital untuk agribisnis hasil karya 250 mahasiswa yang berpartisipasi.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University menyelenggarakan Expo Digitalisasi Agribisnis 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University menyelenggarakan Expo Digitalisasi Agribisnis, belum lama ini.

Kegiatan ini merupakan puncak dari acara Digital Talent Scholarship, kerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Balitbang SDM Kemenkominfo).

“Kegiatan seperti ini sangatlah luar biasa. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membuat kreativitas mahasiswa semakin terasah,” tutur Prof Drajat Martianto, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan saat memberikan sambutan.

Ketua Departemen Agribisnis, Dr Dwi Rachmina menjelaskan, Expo Digitalisasi Agribisnis memamerkan 50 prototipe inovasi digital untuk agribisnis hasil karya 250 mahasiswa yang berpartisipasi.

Sebelumnya, mereka juga telah mengikuti pelatihan digitalisasi agribisnis.

Terdapat tujuh inovasi digital di subsistem hulu, satu inovasi digital di subsistem on-farm, 16 inovasi digital di subsistem hilir dan 26 inovasi digital di subsistem penunjang.

"Prototipe tersebut ditampilkan dalam bentuk poster dan video. Perwakilan setiap kelompok menjelaskan kepada pengunjung tentang prototipe yang telah dirancang selama pelatihan,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada Expo Digitalisasi Agribisnis juga dipamerkan 32 inovasi produk mahasiswa yang dihasilkan oleh 160 mahasiswa peserta Program Wirausaha Merdeka (WMK) Departemen Agribisnis.

Melalui expo ini diharapkan produk mahasiswa semakin dikenal dan juga tentunya dapat memperluas pangsa pasarnya.

Selain mendapatkan pengetahuan dan mengasah keterampilan, Pelatihan Digitalisasi Agribisnis juga dapat dikonversi dalam satuan kredit semester (SKS) perkuliahan.

"Tidak hanya dosen, pelatihan ini juga melibatkan 14 praktisi dari berbagai perusahaan yang berkaitan dengan penerapan teknologi dan digitalisasi agribisnis,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kemenkominfo RI Dr Hedi M Idris; Dekan FEM IPB University, Prof Nunung Nuryartono; Ketua Departemen Ilmu Komputer IPB University, Dr Sony Hartono Wijaya serta para dosen Departemen Agribisnis serta praktisi.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang untuk inovasi digital terbaik, terinspirasi dan terfavorit untuk setiap kategori poster dan video.

Insentif yang diberikan kepada pemenang diharapkan memicu semangat mahasiswa yang terus berkarya dan berprestasi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved