Gempa Bumi Cianjur

TNI AU Suplay 19,5 Ton Bantuan Logistik Lewat Jalur Udara untuk Korban Gempa Cianjur

Adapun bantuan logistik tersebut didistribusikan melalui jalur udara, menggunakan helikopter jenis Puma, Super Puma, AW 139, heli milik Basarnas

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Proses pendistribusian bantuan logistik untuk korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat menggunakan jalur udara dari Lanud Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Selasa (29/11/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, KEMANG - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) melalui Lanud Atang Sendjaja menyalurkan bantuan logistik untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Bantuan logistik tersebut dihimpun dari beberapa instansi, kemudian organisasi hingga staf maupun alumni angkatan udara untuk meringankan beban masyarakat yang tertimpa bencana alam yang sangat dahsyat.

Adapun bantuan logistik tersebut didistribusikan melalui jalur udara, menggunakan helikopter jenis Puma, Super Puma, AW 139, heli milik Basarnas yang berada di Lanud Atang Sendjaja.

Danwing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja Kolonel Penerbang Agni Prayogo mengatakan, sasaran dari pengiriman bantuan logistik menggunakan jalur udara ini adalah wilayah-wilayah yang sulit untuk dijangkau menggunakan kendaraan darat.

Ada beberapa titik yang menjadi atensinya lantaran aksesnya masih sulit untuk dilalui kendaraan darat, yaitu Aquila, Ciputri, dan Bumi Kasih, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Danwing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja Kolonel Penerbang Agni Prayogo
Danwing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja Kolonel Penerbang Agni Prayogo (TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani)

"Kami melakukan assesment disana bayak warga yang mendirikan tenda daurat, mudah-mudahan bantuan yang diberikan ini tepat sasaran, tidak hanya mengandalkan jalur darat, tapi juga menggunakan jalur udara," ujarnya saat ditemui TribunnewsBogor.com, Selasa (29/11/2022).

Kolonel Penerbang Agni Prayogo mengungkapkan, sejak hari kedua pasca gempa bumi yang terjadi, pihaknya sudah menyalurkan bantuan logistik dengan total 19,5 ton yang disuplai menggunakan jalur udara sebanya 37 sorti.

Baca juga: Cianjur Diguncang Gempa Susulan Hingga 317 dalam Sepekan, BMKG Ungkap Penyebabnya

Ia juga mengatakan akan terus mencari titik-titik yang masih terisolir atau titik-titik yang sukit di lewati untuk jalur darat.

"Apabila jalur darat sudah dapat dilaksanakan dengan lancar tentunya kami juga akan mengurangi pengurangan menggunakan helikopter, namun apabila ditemukan spot-spot baru nanti, tentunya kami akan mendeploy sasaran terbaru tersebut," katanya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved