Tuntut UMK 2023 Naik 13 Persen, Para Buruh Gelar Demo di Kantor Disnaker Kabupaten Bogor

Aliansi Pekerja Buruh Bogor menggelar unjuk rasa di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor, Selasa (29/11/2022). Mereka menuntut

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Para buruh yang tergabung dalam Aliansi Pekerja Buruh Bogor menggelar unjuk rasa di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor, Selasa (29/11/2022) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Para buruh yang tergabung dalam Aliansi Pekerja Buruh Bogor menggelar unjuk rasa di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor, Selasa (29/11/2022).

Mereka menuntut kenaikan UMK 2023 sebesar 13 persen.

Pantauan TribunnewsBogor.com, adanya aksi para buruh ini membuat arus kendaraan di Jalan Bersih sekitar Komplek Pemda, Cibinong, Kabupaten Bogor dialihkan sementara.

Selain mengatur lalu lintas, aparat juga terpantau berkumpul melakukan pengamanan di Kantor Disnaker saat demo ini berlangsung.

Divisi Aksi Buruh Kabupaten Bogor, Rizal Renden menjelaskan bahwa mereka ini mengawal sidang pleno Depekab antara Apindo, pemerintah dan buruh.

Baca juga: Lubang Misterius di Sholeh Iskandar Bogor Membahayakan, Polisi Pastikan Ada Petugas Siaga di Lokasi

"Apabila hari ini tidak ada keputusan, kami semua buruh dan mungkin akan menyebar berita kepada temen-temen yang masih menyebar untuk segera ke sini, untuk tetap standby di sini," kata Rizal Renden kepada wartawan, Selasa (29/11/2022).

Dia mengklaim bahwa saat ini sudah ada surat rekomendasi kenaikan UMK 2023 sebesar 13 persen yang sudah ditandatangani oleh Plt Bupati Bogor.

Namun, kata dia, rekomendasi tersebut belum juga ditandatangani oleh Disnaker padahal harus segera ditujukan ke Gubernur Jabar karena tanggal 1 Desember harus sudah sidang pleno.

"Tidak hanya di sini, kita juga akan tanyakan ke Plt terkait rekomendasi yang sudah ditandatangani oleh Plt sendiri," kata Rizal Renden.

Rizal juga mengatakan bahwa jika harapan mereka tak didengar, ke depan bakal ada aksi demo lanjutan termasuk di Bandung terkait penuntutan kenaikan upah minimum ini.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved