UMK Bogor 2023

Jika Naik 10 Persen, Berapa Besaran UMK 2023 Kabupaten Bogor? Ini Kisarannya

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa UMK 2023 Kabupaten Bogor direkomendasikan naik sebesar 10 persen. Terkait usulan kenaikan UMK 2023 ini juga

SHUTTERSTOCK via kompas.com
UMP Jabar 2023 akan menjadi acuan untuk menetapkan UMK Bogor 2023. Lantas, kapan besaran UMP Jabar 2023 dan UMK Bogor 2023 diumumkan? 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Rapat pleno Dewan Pengupahan Kabupaten Bogor antara Apindo, pemerintah dan buruh terkait Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) 2023 pada Selasa (29/11/2022) kemarin berjalan alot.

Rapat pleno ini juga diwarnai aksi demo dari aliansi para buruh Kabupaten Bogor sampai malam hari.

Pasca rapat pleno, beredar surat Rekomendasi Upah Minimum Kabupaten Bogor 2023 yang ditandatangani Plt Bupati Bogor.

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa UMK 2023 Kabupaten Bogor direkomendasikan naik sebesar 10 persen.

Terkait usulan kenaikan UMK 2023 ini juga diklaim oleh perwakilan buruh.

Baca juga: UMK 2023 Kabupaten Bogor Diisukan Naik 10 Persen, Apindo: Kita Tunggu SK Gubernur

"Rekomendasi UMK Kabupaten Bogor 10 persen, sudah ditandatangan Plt Bupati," kata Divisi Aksi Buruh, Rizal Renden saat dikonfirmasi.

Namun dari pihak Pemerintah Kabupaten Bogor sendiri sementara ini masih belum memberikan keterangan terkait kabar usulan kenaikan UMK 2023 Kabupaten Bogor sebesar 10 persen ini.

Kemudian dari pihak Asosiasi Pengusaha Indonesia ( Apindo) Kabupaten Bogor, juga mengaku belum mendapat surat resmi soal besaran kenaikan 10 persen UMK 2023 tersebut.

Desi Sulastri selaku Koordinator Dewan Pengupahan Kabupaten Bogor dari Apindo Kabupaten Bogor masih menyebut bahwa kenaikan 10 persen itu merupakan isu.

"Terkait rekomendasi kita tunggu aja SK Gubernur, terkait isunya yang 10 persen karena kami sendiri secara formil tidak menerima surat tertulis untuk rekomendasi tersebut atau isi dari rekomendasi, kami juga sudah menyikapi isu tersebut untuk langsung mendatangi Pemerinah Provinsi untuk menyampaikan hasil berita acara kami kemarin dalam rapat pleno," kata Desi Sulastri.

Namun jika UMK 2023 Kabupaten Bogor naik sebesar 10 persen, berdasarkan surat rekomendasi yang beredar maka diperkirakan bakal ada kenaikan besaran upah minimum sekitar Rp 400 Ribu.

Dari angka UMK tahun 2022 Kabupaten Bogor sekitar Rp 4,2 Juta diperkirakan bakal menjadi sekitar Rp 4,6 Juta pada UMK tahun 2023.

Baca juga: Ditandatangani Bima Arya, UMK 2023 Kota Bogor Akan Naik, Ini Besar Nominalnya

Patut diketahui, kenaikan UMK 2023 Kabupaten Bogor sementara masih belum dipastikan besarannya karena usulan kenaikan UMK hasil rapat pleno di daerah masih akan dipertimbangkan lebih lanjut di provinsi yang nantinya diputuskan besarannya melalui Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved