IPB University

Kembangkan Inovasi Hijau, IPB University dan PT Katama Suryabumi Jalin Kerjasama

“Penandatanganan kerjasama ini sebagai upaya bagaimana bersama-sama memperkuat kolaborasi berbasis ilmu pengetahuan untuk pembangunan berkelanjutan.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
IPB University menyepakati kerjasama dengan PT Katama Suryabumi dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dalam mengembangkan inovasi hijau. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - IPB University menyepakati kerjasama dengan PT Katama Suryabumi dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dalam mengembangkan inovasi hijau

Penandatanganan naskah kesepahaman (MoU) yang berlangsung di Ruang Sidang Rektor, Kampus IPB Dramaga, Bogor, Senin (28/11/2022).

Kesepakatan kerjasama (MoU) ditandatangani oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria.

Dalam kesempatan ini, Prof Arif Satria menyampaikan bahwa perguruan tinggi ke depannya mau tidak mau harus bercirikan smart university, sustainable university dan entrepreneurial university.

Ia menekankan bahwa sustainable university utamanya mementingkan keberlanjutan generasi selanjutnya di masa depan.

Komponen-komponen kampus berkelanjutan ini meliputi pembelajaran dan kurikulum, riset dan beasiswa yang mengedepankan pembangunan berkelanjutan dan kearifan lokal.

"Selain itu, mendukung pengabdian kepada masyarakat yang menjunjung lingkungan, operasi kampus yang mempraktikkan aspek berkelanjutan, kolaborasi bersama masyarakat dan asesmen serta pelaporan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Model klasifikasi perguruan tinggi yang berkelanjutan, menurutnya, akan sangat ideal bila sudah berada pada level sustainable society. 

“Ini adalah sebuah gambaran organisasi yang ideal karena persoalan lingkungan sudah menjadi concern masyarakat luas. Barangkali kita masih berada di level environmental management menuju sustainable university,” tandasnya.

Menurut Prof Arif, misi perguruan tinggi akan menjadi dasar komitmen untuk menjadi kampus yang berkelanjutan. 

Dengan meningkatkan level engagement ini, model organisasi akan semakin kuat.

“Dalam kerangka kerja kampus berkelanjutan, harus dimulai dari dimensi personal. Baik dosen, rektor, hingga mahasiswanya memiliki komitmen untuk peduli lingkungan. Kemudian didukung dengan dimensi institusional, sosial, hingga lingkungan,” imbuhnya.

“Diharapkan inovasi IPB University dapat memberikan impact langsung kepada masyarakat, semakin banyak kita berkolaborasi, semakin berkah. Semoga kerjasama ini dapat berjalan lancar dan baik kedepannya,” tambah Rektor IPB University.

Sementara, Direktur Utama PT Katama Suryabumi, M Kris Suryanto, MBA menyampaikan terimakasih kepada IPB University yang telah memberikan peluang kerjasama ini. 

Ia pun memberikan selamat atas terpilihnya Prof Arif Satria sebagai Rektor IPB University untuk kedua kalinya.

“Penandatanganan kerjasama ini sebagai upaya bagaimana bersama-sama memperkuat kolaborasi dalam sumbang pikiran, pemecahan masalah dengan memberikan rekomendasi kebijakan berbasis ilmu pengetahuan untuk pembangunan yang berkelanjutan,” ucapnya.

Ia menambahkan, PT Katama Suryabumi dikenal sebagai pemilik inovasi konstruksi sarang laba-laba yang dirancang untuk bangunan-bangunan tahan gempa di Sumatera Barat, Bengkulu dan Aceh. 

Terkini, konstruksi ini dipakai untuk konstruksi Kampus Universitas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Sindangsari, Kabupaten Serang yang belum lama ini diresmikan Presiden Joko Widodo.

“Terimakasih kepada IPB University dalam rangka kerjasama membangun inovasi hijau. IPB University merupakan lembaga pendidikan yang concern pada bidang pertanian dan peduli terhadap lingkungan. Kami ingin bersama-sama saling mengisi pengalaman menjadi satu produk yang bisa diterima oleh masyarakat dan berguna untuk masyarakat,” tutupnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved