Pemikiran Bung Karno Tak Lekang Oleh Waktu, Bisa Dimunculkan Melalui Literasi

Pemikiran Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Bung Karno, tidak akan pernah lekang oleh waktu dan berlaku universal di dunia.

Editor: Yudistira Wanne
Istimewa
Muhammad Syarif Bando saat memberikan keterangan tentang rekam jejak naskah kuno nusantara. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pemikiran Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Bung Karno, tidak akan pernah lekang oleh waktu dan berlaku universal di dunia.

Untuk itu, Perpustakaan Nasional ( Perpusnas) RI melalui UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, melakukan proses internalisasi pemikiran Bung Karno kepada masyarakat.

Kristalisasi pemikiran Bung Karno adalah kemerdekaan dan Pancasila.

Pemikiran ini dimunculkan melalui proses literasi.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, menyatakan Pancasila merupakan dasar negara yang menjadi pedoman hidup dan jati diri bangsa.

"Upaya menginternalisasikan pemikiran Bung Karno kami lakukan tidak hanya dalam aspek Pancasila melainkan seluruh aspek yang berkaitan dengan kemaslahatan bangsa," tuturnya, Kamis (1/12/2022).

Kepala Perpusnas menyebut, tidak semua negara memiliki dasar negara seperti Pancasila yang memiliki nilai-nilai kehidupan yang baik dan relevan.

Oleh karena itu, ideologi-ideologi yang terkandung dalam Pancasila harus dipahami dan diinternalisasikan terhadap generasi muda yang mulai tergerus oleh budaya luar.

"Penting bagi kita untuk mengejawantahkan filosofi, makna yang tersirat dalam Pancasila untuk dipahami dan diimplementasikan," katanya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved