BPS Klaim Angka Pengangguran di Kabupaten Bogor Turun, IPM Naik Jadi 71.2 Persen

Penurunan index angka pengangguran ini, kata dia, dipengaruhi oleh laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bogor yang terus membaik.

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
BPS mencatat angka pengangguran di Kabupaten Bogor mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya, Senin (5/12/2022).   

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Badan Pusat Statistik ( BPS) Kabupaten Bogor mencatat pada tahun 2022 ini angka pengangguran di Kabupaten Bogor mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Angka pengangguran turun dari 12,22 menjadi 10,64 persen di tahun ini, IPMnya naik dari 70,60 menjadi 71,2 persen," ujar Koordinator Fungsi Statistik Sosial pada Badan Pusat Statistik ( BPS) Kabupaten Bogor, Ujang Jaelani, Senin (5/12/2022).

Penurunan index angka pengangguran ini, kata dia, dipengaruhi oleh laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bogor yang terus membaik.

Selain itu, faktor pandemi yang sempat membuat peronomian terhambat kini mulai kembali bangkit seiring dengan memasuki masa endemi.

"Penurunan penganggran ini yang jelas setelah pandemi kan ekonomi sudah mulai bagus, mulai tumbuh lagi relatif normal, ekonomi nasional aja kan tumbuh 5,6 persen, sebelumnya kan sempet minus, Bogor juga trennya seperti itu karena ekonomi sudah mulai lagi," terangnya.

Karena memasuki masa endemi dan juga ekonomi yang terus tumbuh, Ujang Jaelani mengatakan, perusahaan besar maupun perusahaan kecil sekalipun, saat ini sudah kembali beroperasi seperti sediakala.

Sehingga hal itulah yang membuat angka pengangguran di Kabupaten Bogor tahun ini mengalami penurunan.

"Industri-industri sudah mulai lagi, sudah mulai rekrutmen, perdagangan juga sudah mulai lagi, terus kaya pemerintah ini kayak konstruksi sekarang kan sudah mulai banyak pembangunan, itu kan menyerap tenaga kerja," katanya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved