Sudah Disurvei, Jembatan Cikereteg Bogor Longsor Duluan Sebelum Diperbaiki

Saat ini, kata dia, terkait perbaikan jalan tersebut sudah masuk tahap lelang, namun tebingan tanah di bagian bawah Jembatan Cikereteg keburu amblas

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Damanhuri
ist/Pemkab Bogor
Tebing Jalan Raya Mayjen H.E. Sukma (Jalan Raya Ciawi - Sukabumi) di sekitar Cikereteg, Kabupaten Bogor longsor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CARINGIN - Tebing Jalan Raya Mayjen H.E. Sukma (Jalan Raya Ciawi - Sukabumi) yang longsor di kawasan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat bakal segera diperbaiki.

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait jalan amblas di Jembatan Cikereteg tersebut.

Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Gantara Lenggana menjelaskan bahwa pemeliharaan jalan raya penghubung Bogor-Sukabumi tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat.

Sebelumnya kondisi jalan tersebut juga sudah disurvei sejak Oktober 2022 kemarin karena hendak diperbaiki.

“Hasil koordinasi dengan Kementerian PUPR, bahwa ruas jalan tersebut sudah dilakukan survei sejak bulan Oktober dan memang akan dilakukan perbaikan," kata Gantara Lenggana dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Saat ini, kata dia, terkait perbaikan jalan tersebut sudah masuk tahap lelang, namun tebingan tanah di bagian bawah Jembatan Cikereteg ini keburu amblas pada Sabtu (3/12/2022) kemarin.

Meski kewenangan pemerintah pusat, kata dia, Pemkab Bogor tetap mengeluarkan sejumlah upaya untuk mengamankan area tersebut dari masyarakat sekitar dan yang melintas.

“Diantaranya kami sudah melakukan himbauan kepada masyarakat agar waspada saat melalui jalan tersebut, khususnya bagi masyarakat yang berada dekat dengan lokasi tersebut,” kata Gantara Lenggana.

Untuk mengatur lalu lintas dan pengamanan, juga dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor termasuk dengan Polres Bogor.

Polisi pun sudah mengeluarkan imbauan agar kendaraan-kendaraan besar yang hendak melintasi jalur Bogor - Sukabumi untuk sementara menggunakan jalur tol.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved