Dongkrak Angka RLS di Kabupaten Bogor, Dewan Pendidikan Luncurkan Aplikasi Satu Tas

Takiyudin Basari menjelaskan, di dalam aplikasi Satu Tas tersebut, visitor akan mudah mengakses tentang sarana dan prasarana pendidikan di Kabupaten B

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Dewan Pendidikan Kabupaten Bogor launching aplikasi Satu Tas di Auditorium Sekretatiat Daerah Kabupaten Bogor, Jumat (9/12/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Dewan Pendidikan Kabupaten Bogor meluncurkan sebuah sistem informasi terpadu data sekolah guna meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Kabupaten Bogor.

Sistem informasi berbasis aplikasi itu diberi nama Satu Tombol Untuk Data Sekolah (Satu Tas).

Aplikasi tersebut merupakan salah satu strategi Dewan Pendidikan Kabupaten Bogor untuk mendongkrak nilai 8,4 RLS (Rata-rata Lama Sekolah) yang saat ini belum mencapai standar nasional dengan angka 8,54.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bogor, Takiyudin Basari menjelaskan, di dalam aplikasi Satu Tas tersebut, visitor akan mudah mengakses tentang sarana dan prasarana pendidikan di Kabupaten Bogor.

Seperti contohnya yang berkaitan dengan kondisi sekolah diantaranya gedung beserta isinya, tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didiknya, capaian prestasi akademiknya dan non akademiknya.

"Dapat diakses dan disajikan secara real time dengan mudah dalam Big Data Dinas Pendidikan," ujarnya kepada wartawan di Auditorium Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Jumat (9/12/2022).

Dengan begitu, kata dia, setiap kebijakan pemangku kepentingan pendidikan memiliki sumber data yang valid dan reliabel dalam menyusun perencanaan dan kebijakan pendidikan.

"Berdasarkan basis data yang akurat dalam mengukur capaian kualitas pendidikan, pemerataan dan akses pendidikan, sarana dan infrastruktur pendidikan di Kabupaten Bogor," terangnya.

Aplikasi tersebut pun dapat diakses oleh publik yang sedang membutuhkan informasi seputar pendidikan di Kabupaten Bogor.

Selain itu, untuk mendogkrak RLS Kabupaten Bogor, pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan, Disbudpar, Kecamatan Sukamakmur, PKBM Sukamakmur, Asosiasi Usaha Pariwisata Sukamakmur, dan Paguyuban Kepala Desa Sukamakur dalam program Paket A, Paket B, dan Paket C.

"Sasaran utamanya adalah warga Bogor yang berusia antara 25 tahun keatas sampai batas usia 58 tahum sehingga diharapkan capaian rata-rata," tandasnya.

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved