Puncak Pekan HAM Kota Bogor Akan Dihadiri Ridwan Kamil, Ada Diskusi hingga Gebyar Ekonomi Kreatif

Kegiatan yang dipusatkan di Halaman Gedung Bakorwil dan Bogor Creative Center (BCC) ini akan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hingga aktivis

Editor: Mohamad Rizki
Istimewa/Pemkot Bogor
Pekan Hak Asasi Manusia (HAM) Kota Bogor memasuki acara puncak, Sabtu (10/12/2022). Kegiatan yang dipusatkan di Halaman Gedung Bakorwil dan Bogor Creative Center (BCC) ini akan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hingga aktivis nasional. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pekan Hak Asasi Manusia (HAM) Kota Bogor memasuki acara puncak, Sabtu (10/12/2022).

Kegiatan yang dipusatkan di Halaman Gedung Bakorwil dan Bogor Creative Center (BCC) ini akan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hingga aktivis nasional. 

Puncak Pekan HAM Kota Bogor akan menyuguhkan diskusi utama dan tematik.

Ada juga Gebyar Ekonomi Kreatif menghadirkan pameran produk-produk anak muda, festival film pendek dan sejumlah penampilan kesenian.

Diskusi utama bertajuk 'Kontekstualisasi Kearifan Lokal dalam Pemajuan HAM dan Kota Inklusif'.

Tema ini akan diisi narasumber Usman Hamid (Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia), Yuyun Wahyuningrum (The Representative of Indonesia at ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights), Hazairin Sitepu (CEO Radar Bogor Group).

Kemudian diskusi tematik bertajuk 'Hak Jaminan Keberagaman' akan dipandu oleh moderator Hasbullah (Ketua FKUB Kota Bogor), dengan narasumber Arif Zuwana (utusan GKI Pengadilan), Lif Fikriyati Ihsani (peneliti Setara Institute), Nia Sjarifudin (Ketua Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika), Husni Mubarrok (PUSAD Paramadina) dan perwakilan Universitas Parahyangan.

Diskusi tematik selanjutnya bertajuk 'Pemajuan HAM Untuk Perempuan, Anak dan Disabilitas' dengan narasumber Mia Siscawati (Dosen Prodi Kajian Gender Universitas Indonesia), Bahrul Fuad (Komisioner Komnas Perempuan), Yane Ardian (Yayasan Cinta Keluarga Indonesia), Hasan Basri (Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia Kota Bogor) dan Rita Pranawati (Komisioner KPAI).

Diskusi lainnya bertema 'Hak Terhadap Layanan Publik' dengan moderator Ira Nihrawati (Radar Bogor) dan narasumber Syamsuddin Alimsyah (ASA Indonesia), Robert Na Endi Jaweng (Ombudsman RI), Rino Indira (Dirut Perumda Tirta Pakuan) serta Sri Nowo Retno (Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor).

Selanjutnya ada diskusi mengenai 'Green Development' yang dipandu oleh Ernan Rustiadi (Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat IPB) dengan narasumber Een Irawan (Komunitas Peduli Ciliwung), Novita Natalia (Bicara Udara), Arya Primanda Wibisana (Kaktus Indonesia) dan Georgian Marcello (REKA Bogor).

Rangkaian akan ditutup dengan Simposium 'Anti Korupsi dan HAM' dengan moderator Mihradi (Dekan Fakultas Hukum Universitas Pakuan) dengan narasumber Adnan Topan Husodo (Indonesia Corruption Watch), Dedie Rachim (Wakil Wali Kota Bogor) dan Anis Hidayah (Komnas HAM).

Wali Kota Bogor Bima Arya yang juga penggagas Pekan HAM Kota Bogor menjelaskan, bertujuan untuk menunjukkan dan memperkuat komitmen bersama para pemangku kepentingan untuk pemajuan HAM dan inklusi sosial. 

"Diskusi-diskusi ini sebagai bahan refleksi bersama semua pemangku kepentingan terkait progres dan pemajuan HAM, membangun ruang dialog, ajang ekspresi serta aksi kolaborasi seluruh pemangku kepentingan," ungkap Bima Arya. 

Sebelum puncak Pekan HAM, sudah digelar rangkaian kegiatan di kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Bogor.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved