IPB University

Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur, ARM HA IPB University Suplai 1,5 Ton Bahan Makanan ke Dapur Umum

Perbekalan bahan makanan dari IPB University ini akan mampu mengamankan logistik warga Rancagoong Cianjur hingga 10 hari mendatang.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni (ARM HA) IPB University membagikan bahan makanan dapur umum ke wilayah Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni (ARM HA) IPB University melaksanakan giat operasi kemanusiaan tanggap darurat bencana (TDB) yang ke-3 dengan mengerahkan 5 personel relawan, Sabtu (10/12/2022) ke wilayah Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Giat terfokus pada penyediaan bahan makanan dapur umum bagi 650 jiwa di dua titik, yaitu Kampung Cibinong dan Salakawung.

ARM HA IPB University bekerja sama dengan tim dapur umum Pesantren Darul Ikhlas, Cikarang pimpinan Ir Irvan Ramli yang juga alumnus IPB University dari Fakultas Kehutanan angkatan 22.

Tim yang terdiri atas 7 relawan ini merupakan tim terlatih yang sehari-harinya bekerja di dapur pesantren untuk memenuhi kebutuhan makan santri.

Tim Darul Ikhlas telah berpengalaman terjun membantu warga dalam bencana gempa Lombok dan Palu 2018.

“ARM HA IPB University menyuplai lebih dari 1,5 ton bahan dengan rincian 1,1 ton beras, 104 liter (setara dengan sekitar 93,6 kg) minyak goreng, 30 kg ikan asin, ayam, telur ayam, ikan kembung beku segar dan 270 kg sayur-sayuran segar (sawi putih, sawi hijau, wortel, labu, bawang daun dan kol),” ujar Ketua ARM HA IPB University, Ir Ahmad Husein, MSi.

Bahan-bahan tersebut, lanjut dia, dikumpulkan di Posko Bencana di tepi jalan Rancagoong dan hanya dapat diangkut dengan tenaga relawan (berjalan kaki) atau menggunakan sepeda motor sejauh kurang lebih 1 kilometer menuju Posko Dapur Umum di Kampung Cibinong.

Perbekalan ini akan mampu mengamankan logistik warga hingga 10 hari mendatang.

"Berjejaring dengan sesama lembaga kemanusiaan amat diperlukan, karena masing-masing mitra memiliki informasi yang bermanfaat bagi perencanaan kegiatan ARM HA IPB University untuk warga terdampak gempa Cianjur ke depan," jelasnya saat memimpin langsung tim di lapangan.

Ia menambahkan, ARM HA IPB University juga tengah menyiapkan bantuan tahap 4 pada 17 Desember 2022 mendatang dengan rencana layanan kesehatan, hunian sementara, distribusi family kit, distribusi bantuan pangan, perlengkapan belajar anak-anak dan perlengkapan ibadah.

“Dengan dukungan alumni IPB University, kita dapat memasak dua kali sehari, pagi dan sore, untuk para penyintas,” kata Irvan Ramli, pimpinan Posko Darul Ikhlas. Menu makanan penyintas pun, ujar Irvan, akan menjadi lebih bervariasi.

Dengan bantuan para alumni, Illa Susanti, SHut, MPd, Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Garut menuturkan, ARM HA IPB University bersama mahasiswa STAI Garut mengisi sesi dukungan psikososial untuk 60 anak yang didampingi para ibu, dengan permainan, sulap dan edukasi.

Anak-anak mendapat bingkisan jajanan sederhana untuk dinikmati di tenda.

Untuk rencana giat kemanusiaan tahap berikutnya, relawan ARM HA IPB University juga melakukan asesmen wilayah.

Mereka bertemu dan berdiskusi, khususnya mengenai hunian penyintas, dengan Posko tim relawan Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Islam (STIPI) Al Maghfirah, Caringin yang dikomandoi Sunaryo Adhiatmoko di Desa Sarampad, Cugenang dan tim Wahana Muda Indonesia (WMI) di Posko Basarnas Cugenang yang dipimpin wakil ketuanya, Budhi Setiawan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved