IPB University

SBRC IPB University, Pertamina dan NTB Kembangkan Biogas dari Rumput Laut

Riset IPB University bersama PT Pertamina Persero ini bertujuan untuk mengoptimalkan limbah-limbah nabati menjadi bahan bakar energi terbarukan.

Editor: Tsaniyah Faidah
Humas IPB
Ilustrasi rumput laut - IPB University bersama PT Pertamina Persero, Pemerintah Provinsi NTB dan Pemda Kabupaten Lombok Timur memanfaatkan rumput laut Sargassum menjadi energi terbarukan. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Surfactant and Bioenergy Research Center (SBRC), IPB University bersama PT Pertamina Persero, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat ( NTB) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lombok Timur memanfaatkan rumput laut Sargassum menjadi energi terbarukan.

Hal ini terungkap dalam peluncuran projek penelitian Biogas dengan Makroalga yang berlokasi di Desa Bagik Payung, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, belum lama ini.

Riset ini termasuk dalam salah satu program matching fund Kedai Reka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).
 
Dalam kesempatan ini, Obie Farobie, peneliti IPB University menyampaikan Sargassum di daerah Lombok belum termanfaatkan dengan baik.

Selain itu, Sargassum bukan termasuk makroalga untuk pangan, sehingga tidak ada kompetisi terkait pemanfaatan Sargassum.
 
“Sargassum memiliki kadar karbohidrat cukup tinggi sehingga sangat berpotensi menjadi biogas dan juga biometana,” jelasnya.
 
Perwakilan Manajemen PT Pertamina Persero, Ismail Gamar menyatakan, biogas makroalga merupakan hasil riset bersama antara Pertamina, IPB University dan Pemda NTB.

Riset ini bertujuan untuk mengoptimalkan limbah-limbah nabati menjadi bahan bakar energi terbarukan.
 
“Program biogas ini bisa bermanfaat bagi warga masyarakat dan kami berharap dapat menggugah warga masyarakat untuk lebih mengoptimalkan sumberdaya alam yang mereka miliki. Salah satunya dengan mengoptimalkan limbah-limbah nabati untuk menjadi bahan bakar gas,” ungkapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved