IPB University

Kejutan Akhir Tahun, Prodi Teknologi Kelautan Raih Peringkat Unggul Versi BAN-PT

Menjelang akhir tahun 2022, Prodi Teknologi Kelautan meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
Program Studi (Prodi) Doktor Teknologi Kelautan, Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) meraih akreditasi Unggul dari BAN PT. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Program Studi (Prodi) Doktor Teknologi Kelautan, Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University mendapat kejutan manis.

Menjelang akhir tahun 2022, Prodi Teknologi Kelautan IPB University meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN PT).

Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Eksekutif BAN PT No 10139/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/D/XII/2022, berlaku selama lima tahun sejak tanggal 6 Desember 2022 hingga 6 Desember 2027.

Setelah melalui segenap rangkaian proses re- akreditasi dari mulai penyusunan dokumen borang hingga visitasi lapangan yang terlaksana pada tanggal 22-23 November 2022 lalu, Prof   Jonson Lumban Gaol selaku Ketua Prodi Teknologi Kelautan menyampaikan terima kasih sebab perolehan peringkat unggul ini tidak lepas dari dukungan banyak pihak.

Status akreditasi ini tentu berdasarkan beberapa komponen penilaian, seperti proses belajar dan mengajar, kecukupan dan keahlian para tenaga pengajar, kualitas lulusan dan lain-lainnya. 

"Beberapa komponen memang masih perlu dibenahi dan ditingkatkan misalnya fasilitas pendukung seperti peralatan laboratorium untuk pengajaran dan penelitian,” ujar Prof Jonson.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus berupaya dalam menjamin kualitas prodi sebagai tanda pertanggungjawaban atas status akreditasi unggul yang telah diraih Prodi Teknologi Kelautan.

Mulai dari membina lingkungan akademik yang mendorong penelitian dan pengabdian yang bermanfaat sambil juga memastikan sistem operasional yang andal.

“Ini hal menarik, di satu sisi kami berbangga bisa memperoleh akreditasi unggul. Ini sebuah prestasi. Di sisi lain, ini juga tantangan. Umumnya lebih sulit mempertahankan apa yang sudah diraih, tapi dengan komitmen bersama, saya yakin tidak ada yang tidak mungkin,” tambahnya.

Selain itu, ia berharap prestasi membanggakan ini dapat menjadi motivasi agar dapat terus meningkatkan standar program studinya dan menghasilkan lulusan yang mampu mengemban visi dan misi yang telah ditetapkan oleh Prodi Teknologi Kelautan.

Menanggapi hal ini, Ketua Departemen ITK, Dr Syamsul Bahri Agus bersyukur atas prestasi baik yang telah diraih.

Terlebih lagi, capaian yang diperoleh oleh Prodi Teknologi Kelautan ini telah sesuai dengan visi Departemen ITK yaitu menjadi terdepan dalam penyelenggaraan pendidikan program sarjana dan pascasarjana (multi-strata) yang berbasis riset kelas dunia dengan kompetensi utama di bidang ilmu dan teknologi kelautan.

“Akreditasi dengan predikat unggul ini tentunya menjadi alasan kuat untuk semua komponen dalam Prodi Teknologi Kelautan untuk tidak berhenti berkreasi dalam peningkatan kualitas prodi dalam segala hal,” ungkap Dr Syamsul dalam kesempatan yang berbeda.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved