IPB University

IPB University Jalin Kerjasama dengan API dan DLHK, Gelar Seminar Nasional Perlebahan

Seminar perlebahan yang digelar IPB University ini mempunyai andil yang penting dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah.

Editor: Tsaniyah Faidah
Dokumentasi Humas IPB University
Seminar Nasional Perlebahan digelar di Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Kampus IPB University, Dramaga. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - IPB University menggelar Seminar Nasional Perlebahan dengan tajuk “Membangun dan Menumbuhkembangkan Model Kemitraan Public Private Partnership dalam Memajukan Usaha Perlebahan Indonesia”.

Acara digelar di Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Kampus IPB, Dramaga, belum lama ini.

Seminar ini merupakan kerjasama IPB University dengan Asosiasi Perlebahan Indonesia (API) dan Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PSKL- KLHK).

IPB University mendukung penuh terselenggaranya seminar ini. Kami yakin, usaha di bidang perlebahan ini mempunyai andil yang penting dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah. Oleh karena itu, diseminasi mengenai inovasi dan teknologi di bidang perlebahan sangat diperlukan bagi para petani dan pelaku usaha di bidang perlebahan,” ucap Dr Aceng Hidayat, Sekretaris Institut, IPB University.

Ia berharap, teknologi dan inovasi di bidang perlebahan dapat diaplikasikan di dalam kampus IPB University.

Dalam kesempatan itu, Dr Aceng mengajak Departemen Biologi dan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB University untuk berkolaborasi dalam mengaplikasikan teknologi dan inovasi tersebut.

“Kampus IPB University memiliki hutan dengan vegetasi yang beragam. Apabila terdapat banyak rumah lebah di dalamnya, hal ini dapat menjadi sebuah potensi. Kita dapat menerapkan teknologi dan inovasi tersebut. IPB University berharap, kerjasama dengan API ke depannya dapat terus berlanjut dalam bentuk penelitian bersama atau diseminasi inovasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Ketua Umum API, Dr Hariyadi Budi Santoso menjelaskan seminar dilakukan setiap tahunnya. Ia berharap, adanya kegiatan seperti ini membuka kerjasama antar berbagai pihak di kemudian hari.

“Seminar ini akan diselenggarakan setiap tahun, bersamaan dengan peringatan Hari Lebah Dunia setiap tanggal 20 Mei. Kami rencanakan setiap tahunnya menjadi momen silaturahmi sesama penggiat perlebahan di Indonesia. Harapannya, kegiatan seperti ini melahirkan sinergi dan kolaborasi baru berbagai pihak dalam memajukan kegiatan perlebahan nasional,” pungkasnya.

Seminar Nasional Perlebahan dibagi dalam tiga sesi yang dibawakan langsung oleh Dr Rika Raffiudin, Dr Mahani, dan Nursyamsu Mahyudin.

Seminar dilanjutkan dengan Rapat Kerja Asosiasi Perlebahan Indonesia. Selain itu, dilaksanakan pula kegiatan minum madu bersama dan pameran pengembangan usaha perlebahan.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved