Akhirnya Jadi Peserta Pemilu 2024, Partai Ummat Cuma Punya Pilihan Nomor Urut 24

Partai Ummat dinyatakan lolos verifikasi faktual sehingga resmi menjadi partai politik peserta Pemilu 2024 bersama 17 parpol lain.

Editor: Tsaniyah Faidah
Tribunnews.com
KPU telah meloloskan Partai Ummat sebagai peserta Pemilu 2024. Namun jika merujuk pada pengumuman KPU pada 14 Desember 2022, Partai Ummat hanya memiliki pilihan untuk mendapat nomor urut 24. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Partai Ummat akhirnya menjadi peserta Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) yang meloloskan Partai Ummat melalui proses verifikasi ulang.

Keputusan diambil setelah Partai Ummat mengajukan perbaikan verifikasi, karena dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai calon peserta pemilu pada 14 Desember 2022, ke Bawaslu.

"Bapak Ibu pengurus pusat Partai Ummat, telah dibacakan hasil rekapitulasi verifikasi pasca- putusan Bawaslu."

"Sebagaimana kita ketahui, maka statusnya dinyatakan memenuhi syarat," kata Ketua KPU Hasyim Asyari saat rapat pleno terbuka di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (30/12/2022).

Hasyim menyatakan, dengan dinyatakan lolosnya Partai Ummat dalam verifikasi faktual, maka partai berlogo bintang emas itu resmi menjadi partai politik peserta pemilu bersama 17 parpol lain.

Baca juga: Pengamat Sebut Bila Gerindra dan PPP Berkoalisi, Pasangan Prabowo-Sandiaga Akan Terjadi Kembali

"Baik, setelah ini akan kita siapkan SK (Surat Keputusan) setelah dinyatakan memenuhi syarat," ucapnya.

Untuk nomor urut Partai Ummat sebagai peserta Pemilu 2024, akan disiapkan oleh KPU, yang kemungkinan juga akan diumumkan pada sore ini.

Namun jika merujuk pada pengumuman KPU pada 14 Desember 2022, Partai Ummat hanya memiliki pilihan untuk mendapat nomor urut 24.

Sebab, pada kesempatan itu, 17 partai politik nasional ditambah enam partai politik lokal Aceh, telah mendapatkan nomor urut peserta.

 

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Jadi Peserta Pemilu 2024, Partai Ummat Cuma Punya Pilihan Pakai Nomor Urut 24

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved