Mulai Berlaku Tahun 2023, Simak Caranya Beli Gas Elpiji 3 Kg Wajib Pakai KTP

Di luar dari tiga jenis konsumen, warga lain tidak diperbolehkan menggunakan elpiji 3 kg. Lantas, bagaimana cara beli elpiji 3 kg

Editor: khairunnisa
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Ilustrasi - Tahun 2023 membeli gas elpiji 3 kg harus pakai KTP 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Mulai berlaku tahun 2023, simak cara pembelian gas elpiji 3 kg atau elpiji melon wajib menggunakan KTP.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Tutuka Ariadji mengatakan, alasan pembelian gas elpiji wajib menunjukkan e- KTP dilakukan agar proses distribusi LPG bersubsidi tepat sasaran.

"Pembelian elpiji 3kg dengan KTP dimaksudkan agar distribusi elpiji bersubsidi tepat kepada sasaran dan menghindari penyalahgunaan elpiji tersebut," ujarnya, Senin (26/12/2022).

Selain itu, ada tiga jenis konsumen yang diperbolehkan menggunakan elpiji 3 kg, yaitu rumah tangga, usaha mikro, dan petani atau nelayan sasaran yang telah menerima pembagian paket konversi dari pemerintah.

Di luar dari tiga jenis konsumen tersebut, warga lain tidak diperbolehkan menggunakan elpiji 3 kg.

Lantas, bagaimana cara beli elpiji 3 kg menggunakan KTP di 2023?

Cara beli elpiji 3 kg pakai KTP

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pembelian LPG 3 Kg tidak menggunakan aplikasi maupun scan QR Code.

"Masyarakat tidak perlu men-download aplikasi ataupun QR code," tutur Irto, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (17/12/2022).

Ia menjelaskan, masyarakat yang sudah masuk dalam database Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dapat langsung melakukan pembelian dengan menunjukkan KTP.

Menurut dia, orang yang sudah masuk dalam DTKS dan P3KE adalah mereka yang dianggap miskin dan selama ini menjadi sasaran penerima bantuan sosial.

Data tersebut akan terekam dalam server Pertamina yang nantinya dipakai sebagai patokan terhadap mereka yang ingin membeli gas elpiji 3 kg.

Baca juga: Harga Naik, Gas LPG 3 Kilogram di Cibinong Bogor Tembus Rp 25 Ribu per Tabung

Bagaimana masyarakat yang belum terdaftar DTKS dan P3KE?

Sementara bagi masyarakat yang datanya belum masuk, maka pihaknya akan melakukan pembaruan data.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved