Ngaku Dari Bogor, 16 Orang Peminta Sumbangan Palsu Diamankan Warga, Ada Anak-anak Hingga Lansia

Tidak hanya anak-anak dan perempuan lanjut usia (Lansia) yang dipekerjakan membawa kotak amal untuk menggalang dana harus menyetor uang hasil

Facebook
Ilustrasi, peminta sumbangan palsu di Cibubur diamankan warga 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Sejumlah orang diamankan oleh warga di Jalan Lapangan Tembak, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur.

Mereka diamankan karena meminta sumbangan palsu.

Bahkan, berbagai usia terlibat dalam sumbangan palsu ini.

Tidak hanya anak-anak dan perempuan lanjut usia (Lansia) yang dipekerjakan membawa kotak amal untuk menggalang dana harus menyetor uang hasil sumbangan sebesar 70 persen.

Biyu (24), saksi mata mengatakan komplotan yang diamankan pada Sabtu (21/1/2023) sekira pukul 23.30 WIB menempatkan para Lansia secara berdesakan dalam satu mobil.

Mobil Daihatsu Xenia warna putih berpelat F 1403 RK‚Äč dinaiki empat pemuda yang diduga dalang meminta sumbangan, dan 12 perempuan meliputi tiga remaja dan lainnya perempuan.

"Jadi mobilnya itu dimodifikasi. Bagian belakang itu joknya sudah dihilangkan, nah nenek-neneknya masuk dalam. Sudah bukan kayak orang, kayak karung ditumpuk," kata Biyu, Selasa (24/1/2023).

Sepengetahuan warga 12 perempuan yang dipekerjakan meminta sumbangan itu diturunkan di depan minimarket pada siang hari, lalu pada tengah malam dijemput untuk pulang.

Dari uang hasil meminta sumbangan dengan mengatasnamakan satu yayasan yatim dan duafa tersebut, mereka yang dipekerjakan hanya mendapatkan uang sebesar 30 persen dari total.

"Bilangnya mobil ini dari Bogor tapi saya enggak tahu pasti lokasinya. Mungkin setelah menurunkan nenek-neneknya mobil menunggu di sekitar lokasi, malamnya baru dijemput," ujar Biyu.

Ulah komplotan peminta sumbangan yang menyulut emosi, warga sehingga melakukan pemukulan kepada empat pemuda diduga menjadi otak operasi penggalangan dana fiktif ini.

Bahkan dalam video amatir direkam warga saat penangkapan, mobil digunakan para pelaku untuk mobilitas mencari dana sumbangan turut menjadi sasaran amuk massa.

Amuk warga baru berhasil diredam setelah keempat pemuda berikut 12 perempuan yang mayoritas di antaranya nenek diamankan Bhabinkamtibmas ke kantor Kelurahan Cibubur.

Baca juga: Dicekoki Obat Terlarang, Wanita 16 Tahun Dilecehkan Tiga Tetangganya, Korban Hampir Pingsan

Kapolsek Ciracas Kompol Jupriono mengatakan berdasar hasil pemeriksaan yayasan yang namanya dicatut untuk meminta sumbangan berada di kawasan Pamulang, Tangsel.

"Pihak yayasan membantah bahwa 16 orang yang diamankan bagian dari yayasan, serta bahwa yayasan sedang menggalang dana di jalanan dan tidak bertanggung jawab atas perbuatan mereka," kata Jupriono.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Geng Peminta Sumbangan Palsu di Cibubur Angkut 16 Orang dalam Mobil, Para Lansia Ditumpuk Bak Karung

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved