SNPMB 2023

SNPMB 2023 Sebentar Lagi, Pahami Perbedaan SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri, Ini Jadwal Pelaksanaanya

Masa SNPMB 2023, penting bagi calon mahasiswa untuk mengetahui perbedaan antara SNBP, SNBT, dan SM agar dapat mempersiapkan diri dengan tepat.

Editor: Tsaniyah Faidah
Ist/net
Calon mahasiswa dapat mengikuti tiga seleksi pada SNPMB 2023, yakni Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri (SM). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru atau SNPMB 2023 merupakan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bagi calon mahasiswa baru.

Berbeda dengan SNMPTN yang diadakan pada tahun lalu, SNPMB 2023 diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP).

Calon mahasiswa dapat mengikuti tiga seleksi pada SNPMB 2023, yakni Seleksi Nasional Berbasis Prestasi ( SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes ( SNBT), dan Seleksi Mandiri (SM), dengan persyaratan yang dapat di cek pada laman resmi SNPMB, https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Penting bagi calon mahasiswa untuk mengetahui perbedaan antara SNBP, SNBT, dan SM agar dapat mempersiapkan diri dengan tepat.

Lantas, apa saja perbedaannya?

Berikut ini perbedaan dari Seleksi Nasional Berbasis Prestasi ( SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes ( SNBT), dan Seleksi Mandiri (SM):

1. Jenis Ujian atau Tes

SNBP dilakukan berdasarkan nilai akademik dan/atau prestasi calon mahasiswa.

Sedangkan SNBT dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan kriteria lain.

Pada SNBT terdiri dari 7 subtes, dengan 2 komponen besar, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Literasi.

Sementara Seleksi Mandiri PTN dapat mengadakan tes khusus, menggunakan nilai UTBK, nilai rapor, serta prestasi baik akademiik maupun non-akademik.

2. Daya Tampung

Daya tampung pada SNBP ditetapkan paling sedikit, yakni 20 persen. Apabila kuota dari SNBP tidak terpenuhi, maka dapat dialihkan ke SNBT.

Kuota atau daya tamping SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes untuk prodi PTN badan hukum ditetapkan paling sedikit 30%.

Baca juga: SNPMB 2023 : Cek Persyaratan dan Tanggal Seleksi Mandiri Unpad, Sebentar Lagi Dibuka

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved