Teror Virus Corona

Terinfeksi Covid-19 Setelah Vaksin Dosis Pertama, Apakah Perlu Vaksin Dosis Kedua ?

Editor: khairunnisa
Ilustrasi vaksin - Terinfeksi Covid-19 Setelah Vaksin Dosis Pertama, Apakah Perlu Vaksin Dosis Kedua ?

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pemberian vaksin Covid-19 umumnya dua dosis dengan rentang waktu yang telah ditentukan.

Namun bagaimana saat menunggu jeda waktu untuk dosis kedua, seseorang terpapar Covid-19, apakah vaksinasi tetap berlanjut?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi dosis keduanya harus ditunda.

Seseorang baru dapat melanjutkan vaksinasi dosis keduanya setelah 3 bulan dinyatakan sembuh.

"Tunda dulu. 3 bulan setelah sembuh baru dilanjutkan dosis kedua, tidak perlu ulang dari awal," ujar Nadia saat saat dikonfirmasi, Sabtu (10/7/2021).

Sebelummya, Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Hindra Irawan Satari mengatakan bahwa kekebalan tubuh tidak langsung tercipta pasca penyuntikan pertama, kalaupun ada sangatlah rendah.

Baca juga: Kabar Duka - Ibunda Kartika Putri Meninggal Dunia, Sempat Positif Covid-19

Kekebalan baru akan tercipta sepenuhnya dalam kurun waktu 28 hari pasca penyuntikan kedua.

"Meskipun sudah divaksinasi, dalam dua minggu kedepan sangat amat rawan terpapar," tuturnya.

Prof Hindra menambahkan vaksin Covid-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan. Suntikan pertama ditujukan memicu respons kekebalan awal. Sedangkan suntikan kedua untuk menguatkan respons imun yang terbentuk.

"Oleh karena itu setelah diimunisasi tetap harus menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjauhi kerumunan, karena masih rawan, kalau kita lengah bisa saja terjadi hal yang tidak kita inginkan," terangnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Positif Covid-19 Setelah Vaksin Dosis Pertama, Bagaimana dengan Dosis Kedua?, https://www.tribunnews.com/corona/2021/07/10/positif-covid-19-setelah-vaksin-dosis-pertama-bagaimana-dengan-dosis-kedua.
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak