Kisah Pedagang Jualan sampai Malam Kaget Didatangi Polisi, Ternyata Dagangannya Diborong

Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Polisi memborong dagangan PKL di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis(15/7/2021) malam.

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Purwokerto terkejut tiba-tiba didatangi polisi.

Diketahui Tim dari Polresta Banyumas menggelar operasi simpatik penertiban PKL pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, Kamis (15/7/2021) malam.

Tim berkeliling di wilayah Purwokerto dan mendatangi PKL yang masih tetap berjualan di atas pukul 20.00 WIB. Beberapa PKL tampak ketakutan ketika didatangi polisi.

Namun, seketika berubah jadi kebahagaian karena seluruh dagangannya diborong oleh polisi.

Syaratnya, setelah dagangannya diborong, pedagang harus segera menutup lapaknya karena telah melanggar aturan PPKM darurat.

Karif (55), seorang pedagang angkringan di Jalan S Parman, mengaku nekat berjualan hingga malam hari karena terdesak kebutuhan ekonomi.

"Saya sudah kehabisan akal untuk menafkahi keluarga, banyak tanggungan utang," kata Karif yang dagangannya diborong Rp 300.000. Meski sempat kaget, ia mengaku senang dagangannya diborong sehingga tidak perlu membuka lapak hingga dini hari seperti biasanya.

Selama PPKM, Karif mengaku pendapatannya turun, dari sekitar Rp 500.000 per malam, kini tidak lebih dari Rp 300.000.

Hal senada disampaikan penjual lumpia di kompleks Pasar Wage, Nana atau yang dikenal dengan Bu Gendut.

"Alhamdulillah diborong.  Hari ini lagi sepi banget karena tidak boleh makan di tempat, tapi yang beli dibungkus juga sepi," turur Bu Gendut.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Banyumas Kompol Aldino Agus Anggoro mengatakan, sesuai dengan instruksi Kapolresta Kombes M Firman L Hakim, petugas diminta untuk melakukan penindakan secara simpatik.

"PPKM ini adalah supaya mengurangi mobilitas warga, tetapi juga kami melakukan aksi simpatik karena mereka para pedagang juga terdampak PPKM ini," kata Aldino.

Makanan yang telah diborong selanjutnya diberikan kepada warga lain yang terdampak PPKM, seperti tukang becak dan lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Borong Dagangan PKL di Purwokerto yang Nekat Berjualan Selama PPKM Darurat"