Isi Kajian Subuh, Ketua DPRD Kota Bogor Sampaikan Peran Masjid dalam Kebangkitan Umat

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto mengisi kegiatan kajian subuh di Masjid Mushab Bin Umair (MBU), Villa Bogor Indah, Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR UTARA - Disela menjalani tugas sebagai Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto juga aktif berkegiatan di lingkungan masyarakat Kota Bogor.

Satu diantaranya adalah mengisi kajian subuh di Masjid Mushab Bin Umair (MBU), Villa Bogor Indah, Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Dalam kajian itu Atang menyampaikan bahwa masjid memiliki peran yang lebih luas dari sekadar tempat beribadah.

Berdasarkan sejarah peradaban Islam kata Atang, masjid dikenal sebagai pusat kegiatan sosial, ekonomi, pertahanan, pendidikan dan kebijakan publik di masa kenabian.

Oleh karena itu, konsep masjid sebagai pusat kegiatan sosial kemasyarakatan harus tetap dihidupkan dan diaplikasikan pada masa sekarang.

Menurut Atang saat ini beberapa masjid ada yang hanya berfungsi sebagai tempat beribadah saja dan bahkan terkadang sebagian masjid tidak memberi akses orang untuk masuk ke dalam di luar jadwal sholat.

“Masjid dikunci sehingga orang tidak bisa masuk ke dalam. Bahkan untuk sekedar sholat di terasnya saja tidak bisa,” ungkapnya, dari keterangan yang diterima TribunnewsBogor.com, Senin (18/10/2021).

Atang lalu mencontohkan penerapan masjid sebagai solusi permasalahan masyarakat seperti kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di awal masa pandemik.

“Masjid bisa menyediakan fasilitas akses internet sehingga anak-anak di sekitar bisa belajar tanpa harus memikirkan kuota data. Apalagi tidak semua lapisan masyarakat bisa mengalokasikan anggaran rumah tangga untuk membeli pulsa internet, dan di sinilah masjid mengambil peran. Seusai PJJ, mereka bisa dididik agama dan akrab dengan masjid”, jelasnya

Halaman
12