Pembangunan Masjid Agung Bogor Belum Sesuai Target, Dedie Rachim Ingatkan Kontraktor

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kondisi masjid Agung Kota Bogor masih dalam tahap proses pembangunan yang direncanakan sesuai target akan selesai di akhir Desember 2021.

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim melakukan inspeksi mendadak (sidak) pembangunan Masjid Agung di Jalan Dewi Sartika, Kota Bogor, Selasa (19/10/2021).

"Jadi dari target mestinya memang kisaran progres pekerjaan sampai dengan pertengahan oktober ini harapannya di atas 40 persen ya tetapi kita tinjau di lapangan dan kita konfirmasi kepada pemborong ya ternyata pelaksanaan kurang lebih masih 31 persen ya," ujarnya usai melakukan Sidak.

Dedie mengatakan bahwa dari 100 persen kolom dan atap penutup masjid yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2021 ini baru 31 persen.

Untuk itu Dedie mengingatkan kontraktor agar bisa menyelesaikan tepat waktu

"Iya initnya bagaiamana cara mengejarnya karena semua kolom ini dibuat secara pabrikasi contoh kolomnya ini secara pabrikasi ketebalan baja 2 centi itu dibikin dipabrik di Bekasi rencananya kalau pembuatan secara pabrikasi itu selesai diharapkan sebetulnya biaa 100 persen di akhir Desember," ujarnya.

Terhambatnya proses pembangunan sehingga belum mencapai target ini kata Dedie, lantaran di awal lelang dilakukan masa sanggah, kemudian penyesuaian design dengan rekomendasi dari komite keselamatan bangunan Kementeriaan PUPR.

"Masukan dari komite keselamatan kontruksi bahwa pembangunan atap tidak boleh menumpuk pada kolom kontruksi lama oleh karena itu dengn perhitungan barunya hampir 50 persen itu diluar kontruksi yang lama jadi tiang tiang dalam bentuk pabrikasi ini diharapkan tidak akan membebani kontruksi lama agar ada janinan kesalamatan," katanya.

Meski demikian kata Dedie proses pembangunan Masid Agung bisa berjalan dengan cepat.

Setelah proses pembangunan ini kedeoan tahun 2022 akan dianggarkan pembangunan lanjutan eksterior dan interior masjid.