Hari Guru Nasional 2022, Dedie Rachim: Semangat untuk Terus Berinovasi dan Menciptakan Perubahan

Editor: Mohamad Rizki
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Upacara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022 dilangsungkan Pemerintah Kota (Pemkot) di Plaza Balai Kota Bogor, Jumat (25/11/2022) pagi. Puluhan guru dan sejumlah kepala OPD serta perwakilan Forkopimda hadir dalam upacara tersebut.

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Upacara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022 dilangsungkan Pemerintah Kota (Pemkot) di Plaza Balai Kota Bogor, Jumat (25/11/2022) pagi.

Puluhan guru dan sejumlah kepala OPD serta perwakilan Forkopimda hadir dalam upacara tersebut.

Di sela upacara, Pemkot Bogor dan PT Taspen juga memberikan penghargaan kepada para guru yang sudah mengabdi untuk memajukan pendidikan di Kota Bogor.

Bertindak selaku pembina upacara, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim membacakan langsung amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim dalam peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022 ini.

"Tiga tahun yang lalu, kita melepas jangkar dan membentangkan layar kapal besar bernama Merdeka Belajar.

Ribuan pulau dari Sabang hingga Merauke sudah kita lewati, laut dengan ombak tinggi dan angin kencang sudah kita hadapi," kata Dedie membacakan sambutan menteri.

Ketangguhan ini, didorong oleh kemauan untuk berubah, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman.

Hal ini juga didorong oleh semangat untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa Indonesia melompat ke masa depan.

"Mungkin di antara kita sampai hari ini masih ada yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan pendidikan.

Memang, pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat kita nyaman.

Jika masih nyaman, itu artinya kita tidak berubah," tuturnya.

Sebenarnya, bukan hanya guru yang terus didorong untuk berubah.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga memacu diri untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik.

Platform Merdeka Mengajar yang diluncurkan pada awal tahun ini, sepenuhnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi.

Halaman
123

Berita Terkini