Ramadan 2018

Sambil Belajar, Masjid Quba Libatkan Siswa SMP Jadi Panitia Zakat Fitrah

tujuan melibatkan remaja itu adalah agar mereka lebih peduli untuk masalah sosial sekaligus menambah wawasan mereka mengenai zakat.

Sambil Belajar, Masjid Quba Libatkan Siswa SMP Jadi Panitia Zakat Fitrah
TribunnewsBogor.com/Afdhalul Ikhsan
remaja jadi pantia zakat di Masjid Quba, Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Afdhalul Ikhsan

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, SUKARAJA - Tahun ini 10 siswa dijadikan panitia zakat oleh DKM Masjid Quba yang terletak di Jalan RH Abdullah, Sukaraja Kaum, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

DKM Masjid Quba sekaligus penanggung jawab, Mohammad Ruslan (50) mengatakan bahwa kegiatan ini pertama kali melibatkan remaja.

Namun para remaja yang terdiri dari kelas SMP hingga SMA itu sudah cukup mahir melayani tamu yang ingin berzakat karena sebelum menjadi panitia, sepuluh remaja itu terlebih dulu dilatih semisal sisi manajemen hingga dari sisi ijab qobul.

"Yang kita libatkan laki-laki dan perempuan, dari sisi manajemennya kita ajarkan bahkan dari sisi ijab qobulnya juga kita ajarkan dan Alhamdulillah mereka sudah mulai lancar dan kedepannya akan lebih lagi," terangnya

Dikatakannya bahwa tujuan melibatkan remaja itu adalah agar mereka lebih peduli untuk masalah sosial sekaligus menambah wawasan mereka mengenai zakat.

Baca: Dinikahi Usia 18 Tahun, Begini Kabar Terkini Mantan Istri Ferry Maryadi, Sering Wara-wiri di TV

"Jadi kami dari DKM masjid Quba membuka konter zakat yang melibatkan remaja masjid untuk belajar mengelola zakat fitrah, infaq dan shodaqoh dan nanti mereka juga yang menyalurkan," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com Selasa (12/6/2018).

Zakat fitrah itu berupa uang bisa disesuaikan dengan harga beras atau sekedar infaq untuk buka puasa tidak jadi masalah.

Apalagi jika ingin menambah zakat fitrah saat memasuki H-2 lebaran.

"Jadi yang datang ke masjid itu tidak hanya zakat tapi shodaqoh juga, seperti orang yang mau infaq untuk buka puasa, jadi kegiatan ini udah dilakukan sejak awal ramadhan dan Alhamdulillah banyak yang kesini bahkan dari luar lingkungan kita," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Afdhalul Ikhsan
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help