Kantor GMBI Dibakar

Pelaku Pengrusakan Kantor GMBI yang Masih di Bawah Umur Akan Dibina di Bapas

kelima orang pelaku yang masih dibawah umur ini akan dibina terlebih dahulu sebelum dikembalikan kepada orangtuanya

Pelaku Pengrusakan Kantor GMBI yang Masih di Bawah Umur Akan Dibina di Bapas
TribunnewsBogor.com/Damanhuri
Kapolres Bogor, AKBP A. M. Dicky 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Damanhuri

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Polres Bogor hingga saat ini masih menahan 12 orang warga yang diduga melakukan pengrusakan kantor Sekretariat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di Ciampea, Kabupaten Bogor, Jumat (13/1/2017).

Kapolres Bogor, AKBP Andi M Dicky menjelaskan, dari 12 orang yang saat ini masih diperiksa, lima diantranya masih dibawah umur sehingga perlu dilakukan penanganan khusus.

Menurutnya, kelima orang yang masih dibawah umur ini akan diselesaikan dengan cara diversi atau pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana sebagaimana disebut dalam Pasal 1 angka 7 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

"Kelima orang yang masih dibawah umur ini akan dipertemukan dengan walinya dan juga korban untuk mediasi," jelasnya kepada TribunnewsBogor.com, Senin (16/1/2017).

Setelah dilakukan pertemuan, kata dia, kelima orang pelaku yang masih dibawah umur ini akan dibina terlebih dahulu sebelum dikembalikan kepada orangtuanya melalui Balai Pemasyarakatan (BAPAS).

"Disana (BAPAS,red) nanti akan diberikan pembinaan dan pemahaman terkait budaya kekerasan agar mereka tidak mengulanginya lagi. Soalnya kasihan, perjalan kakir mereka ini masih panjang," jelasnya.

Namun, untuk tujuh orang lainnya yang saat ini sudah berstatus tersangka akan tetap diproses sesuai hukum yang berlaku.

Dari hasil pemeriksaan para tersangka, sambung Kapolres, mereka ini mengaku terbawa emosi sehingga melakukan hal diluar batas kewajaran.

"Tapi saya salut mereka ini berani berbuat juga berani bertanggungjawab. Sehingga ini bisa menjadi pertimbangan penyidik untuk meringankan mereka saat dipersidangan nanti," tuturnya.

---------------------

Ikuti Berita Terkini Bogor !

Like Fanpage: TRIBUNnewsBogor.com

Follow Twitter: @TRIBUNnewsBogor

Instagram: @tribunbogor

Penulis: Damanhuri
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved