Kerajinan Rebana dan Marawis Asal Empang Ini Sudah Go Internasional, Yuk Intip Cara Buatnya

semua bahan baku rebana maupun marawis dari daerah Majenang, Cilacap, Jawa Barat.

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohamad Afkar Sarvika

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR SELATAN - Rebana dan marawis merupakan alat musik bernuansa islami yang biasa dimainkan seraya melantunkan sholawat nabi.

Rebana maupun marawis tidak hanya diminati oleh kalangan dewasa saja, melainkan remaja bahkan anak kecil pun tertarik untuk memainkannya.

Saat ini tak sulit menemukan rebana dan mawaris yang dijual baik secara satuan atau satu set.

Di Kota Bogor sendiri, pengrajin sekaligus penjual rebana atau marawis bisa Anda jumpai di Jalan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Satu diantara gerai yang sudah lama memproduksi dan menjual kerajinan rebana dan marawis ialah Gerai Madinah.

Seorang Karyawan, Aheng (40) menuturkan, dalam sehari, dirinya beserta karyawan lainnya bisa memproduksi sedikitnya dua set marawis yang terdiri dari 12 kendang dan rebana dengan tujuh sampai delapan alat.

"Di sini ruang produksinya terpisah dengan ruang penyimpanan alat, semua alat dikerjakan oleh sedikitnya 10 orang karyawan," jelas Aheng kepada TribunnewsBogor.com, Sabtu (3/6/2017).

Dia menjelaskan bahwa pemilik usaha, Rusdy Alaydrus mendatang semua bahan baku rebana maupun marawis dari daerah Majenang, Cilacap, Jawa Barat.

rebana
(TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika)

"Mulai dari kulit kambing, kerangka kendang dari kayu mahoni, limus dan lainnya," katanya.

Lebih jauh dia menjelaskan, biasanya permintaan rebana dan marawis paling banyak ketika ada event atau kegiatan keagamaan umat Islam.

Kendati demikian, tidak menuntup kemungkinan di Bulan Ramadhan ini akan banyak pesanan.

"Alhamdulillah pesanan ada saja, hampir dari seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri juga ada yakni dari Malaysia, pernah juga dibawa ke pameran perkusi di Tiongkok," terangnya.

Untuk harga satu set rebana di Gerai Madinah sendiri dijual seharga Rp 450 ribu sampai Rp 1,5 juta, sedangkan marawis mulai dari harga Rp 1,5 juta sampai Rp 3,5 juta.

Penulis: Mohamad Afkar Sarvika
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved