Breaking News:

Pengadilan Negeri Kota Bogor Kenalkan Sidang Digital, Bisa Sidang Jarak Jauh?

Dewi menjelaskan bahwa konsep persidangan digital itu sama seperti proses persidangan yang sebelumnya sudah dijalani.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Ketua Tim E-Court Pengadilan Negeri Bogor, Rr Dewi Lestari Nuroso 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pihak Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B memperkenalkan persidangan digital.

Ketua Tim E-Court Pengadilan Negeri Bogor, Rr Dewi Lestari Nuroso mengatakan bahwa persidangan digital tersebut merupakan persidangan E-court.

"Yang dimaksud E-court itu kegiatan persidangan biasa namun dengan menggunakan media elektronik seperti visualisasi persidangan, perekaman persidangan dan persidangan jarak jauh," katanya Jumat (13/4/2018) usai pengenalan aplikasi E-court.

Dewi menjelaskan bahwa konsep persidangan digital itu sama seperti proses persidangan yang sebelumnya sudah dijalani.

Namun perbedaannya adalah persidangan digital ini menggunakan aplikasi yanh membuat persidangan bisa lebih transparan karena ditampilkan di dalam layar yang ada di dalam ruang sidang.

"Tujuannya adalah dengan adanya visi misi dari mahkamah konstitusi dengan blue print 2010 - 2035 ini kita membuat inovasi untuk memberikan proses persidagangan menuju era digitalisasi dengan transparasi da tanggung jawab kepada masayarakat pencari keadilan," katanya.

Untuk menerapkan aplikasi tersebut Pengadilan Negeri Bogor juga sudah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.

"Kita bekerja sama dengan lembaga penegak hukum lainnya, dalam hal ini penyidik, kejaksaan , maupun masyarakat pencari keadilan sepeti advokat," katanya.

Kerjasama tersebut dimaksudkan untuk mensosialisasikan bahwa saat ini persidangan digital data-data bisa dikirim melalui softcopy dalam bentuk cd maupun email.

"Data-data yang biasanya diserahkan dalam bentuk manual bentuk tulisan sekarang bisa dalam soft copy, cd atau email, Contohnya seperti pidana,  adalah dengan adanya bukti data digital surat dakwaan, tuntutan, eksepsi pembelaan maupun bukti berita acara yang dibuat oleh penyidik, termasuk itu dalam putusan hakim akan kita tampilkan dalam media digital yang kita miliki akan memberikan akses transparasi dengan adanya layar digital yang kita miliki," ujarnya.

Perkenalan sidang digital itu pun sudah diterapkan dalam perkara pidana 12/pid.sus/anak/2017/PnBogor dan lainnya.

Dewi menambahkan bahwa inovasi tersebut bisa diterima oleh lembaga penegak hukum lainnya.

"Hari ini menjadi pembuktiaan bagi kami  Pengadilan Negri Bogor untuk akhirnya bisa diterima dari lembaga penegak hukum terhadap inovasi yang kita miliki karena masing-masing penegak hukum akan menerima banyak manfaat," ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved