Breaking News:

303 Anggota PPS Kecamatan Bogor Utara Dilantik, Ini Tugas Utamanya

pengawas TPS dibentuk 23 hari sebelum hari pemungutan suara pemilihan dan dibubarkan tujuh hari setelah hari pemungutan suara.

TribunnewsBogor.com/Afdhakul Ikhsan
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Bogor Utara melantik anggota Pengawas Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Bogor Utara 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Afdhalul Ikhsan

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Bogor Utara melantik Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Bogor Utara sebanyak 303 orang.

"Jadi hari ini kita lantik sebanyak 303 orang se Bogor Utara sesuai TPS yang ada," ucap Ketua Panwascam Bogor Utara, Supoyo kepada TribunnewsBogor.com saat ditemui, Minggu (3/6/2018).

Menurutnya pelantikan ini dibarengi dengan bimbingan teknis (Bimtek) yang nantinya akan bertugas di 303 TPS yang tersebar di Kecamatan Bogor Utara.

"Iya tadi ada Bimtek juga, nah dari 303 orang itu, ditugasinnya satu orang per-TPS," ucapnya.

"Tugas utamanya hari H, pencoblosan sama hari perhitungan suara khusus Bogor Utara saja sekarang pelantikan serentak seluruh Bogor, totalnya se Kota Bogor
yaitu 1785," imbuhnya.

Menurutnya, pengawas TPS dibentuk 23 hari sebelum hari pemungutan suara pemilihan dan dibubarkan tujuh hari setelah hari pemungutan suara.

"Kerjanya itu sesuai diperjanjian kontraknya itu h-23 sama h+7 jadi 1 bulan. Kalau kerjanya maksimal paling 2 hari doang hari H+2 itu kan perhitungan sampai tingkat ppk," ungkapnya.

Adapun tugas dan wewenang PTPS untuk mengawasi persiapan maupun pelaksanaan pemungutan serta penghitungan suara dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat serta Walikota dan Wakil Walikota Bogor.

"Tugasnya itu menyampaikan jika ditemukannya pelanggaran, Awasi, Catat, Laporkan (ACL)," terangnya.

Ia berharap pelantikan para PTPS ini mampu menjalankan tugas dan mempunyai kreativitas.

"Mereka yang niat untuk menjadi PTPS itu tidak mudah, karenakan kalau di wilayah itukan orang pekerja sosial ini kalau dilihat honornya kecil.
Alhamdulillah semangat sosial yang tinggi pengabdian ke negara saya cukup kagum, semoga bisa menjalankan tugas dengan baik," pungkasnya.

Penulis: Afdhalul Ikhsan
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved