Gempa di Lombok

IPB Terjunkan Tim Quick Response Bantu Korban Gempa di Lombok

Dalam masa quick respon ini tim ditugasi untuk menyampaikan bantuan kepada masyarakat umum, petani, nelayan dan peternak.

Humas IPB
IPB menurunkan relawan untuk bantu para korban gempa di Lombok 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -Gempa yang terjadi 5 Agustus lalu menyisakan duka yang mendalam bagi masyarakat Lombok.

Suasana yang tenang berubah suasana duka.  Ribuan rumah rusak parah dan hancur.

Lebih dari 390 orang dinyatakan meninggal dunia. Bahkan ada dusun yang 100 persen rata dengan tanah.

Sebagai wujud respon tersebut, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB mengirimkan tim Quick Response ke Lombok.

Tim ini langsung dipimpin oleh Kepala Pusat Studi Bencana LPPM IPB. 

Dalam masa quick respon ini tim ditugasi untuk menyampaikan bantuan kepada masyarakat umum, petani, nelayan dan peternak.

Selanjutkan juga akan dilakukan pemetaan daerah terdampak bencana. Dr. Syamsul Bahri Agus dan Muhammad Baihaqi, M.Sc, dosen Fakultas Peternakan melakukan observasi dampak gempa terhadap peternak, areal Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) serta kelompok peternak lainnya.

Fika Hardini dari Klinik Gizi dan Kesejahteraan Keluarga LPPM melakukan observasi pada kelompok anak-anak dan ibu-ibu di wilayah terdampak dan Danang Aria project officer LPPM IPB. 

Pada kesempatan ini, tim langsung melakukan pemetaan dampak pada daerah sasaran. Salah satu desa tujuan adalah Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara.

Berdasarkan pantauan tim IPB, kerusakan yang terjadi adalah hancurnya bangunan-bangunan tempat tinggal dan lumpuhnya aktivitas ekonomi masyarakat serta sekolah-sekolah di sekitaran Lombok Utara.

Halaman
12
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved