Gempa di Donggala

Ini Alat Berat dan Alutsista yang Diterjunkan Untuk Evakuasi Korban Gempa di Sulteng

Untuk tenaga bantuan yang dikerahkan dalam pengevakuasian para korban, kata Sutopo, sebanyak 6.399 tenaga dikirimkan ke provinsi itu.

Ini Alat Berat dan Alutsista yang Diterjunkan Untuk Evakuasi Korban Gempa di Sulteng
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memberikan penjelasan terkait kondisi gempa di Tasikmalaya, di Jakarta, Sabtu (16/12/2017). BNPB mencatat gempa bumi berkekuatan 6,9 SR yang berpusat di Tasikmalaya mengakibatkan tiga orang meninggal, 208 rumah mengalami rusak berat serta 150 rumah rusak sedang dan 97 rusak ringan. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Semangat untuk membantu pengevakuasian para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah masih terasa hingga memasuki hari keempat pascaterjangan bencana gempa dan tsunami.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memiliki tujuh skala prioritas penanganan darurat yang difokuskan pada hari ini.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sebanyak 16 unit alat berat telah dikerahkan untuk membantu pengevakuasian para korban yang masih tertimbun reruntuhan bangunan.

"16 unit alat berat dikerahkan untuk membantu evakuasi," ujar Sutopo, dalam konferensi pers yang digelar di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (2/10/2018).

Sedangkan, dari segi tenaga manusia, bantuan pun terus berdatangan dari sejumlah lembaga pemerintahan.

Mulai dari TNI, Polri, Badan SAR Nasional (Basarnas) hingga Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Tambahan personel SAR terus berdatangan, terdiri dari TNI, Polri, Basarnas dan Kementerian ESDM," jelas Sutopo.

Untuk tenaga bantuan yang dikerahkan dalam pengevakuasian para korban, kata Sutopo, sebanyak 6.399 tenaga dikirimkan ke provinsi itu.

Pemerintah Daerah (Pemda) Sulawesi Tengah pun ikut turun tangan dalam mengevakuasi warganya, baik yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, maupun luka-luka.

"Jumlah personel saat ini sebanyak 6.399, (terdiri dari) 3.169 TNI, 2.033 Polri, 111 relawan, 1.086 dari K/L dan Pemda (Sulawesi Tengah)," kata Sutopo.

Halaman
12
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved