Keputusan Lokasi untuk Ibu Kota Baru Ditentukan Tahun 2019, Ini 2 Nama Daerah yang Berpotensi

Adapun hingga saat ini, terdapat dua lokasi di wilayah Kalimantan yang dipertimbangkan menjadi ibukota baru.

Keputusan Lokasi untuk Ibu Kota Baru Ditentukan Tahun 2019, Ini 2 Nama Daerah yang Berpotensi
Tribunnews.com/ Seno Tri Sulistiyono
Presiden Jokowi meninjau lokasi alternatif ibu kota negara di kawasan Bukit Soeharto, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Negara (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ( Bappenas) memastikan, rencana lokasi yang akan dijadikan Ibu Kota baru ditentukan pada tahun 2019 ini.

Menteri PPN atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan dengan diputuskannya lokasi Ibu Kota baru tahun ini, maka proses pembangunan awal yang meliputi pembangunan infrastruktur dasar bisa dimulai pada 2020 mendatang.

"Kajian akan difinalkan tahun ini, keputusan lokasi bisa dilakukan di tahun ini sehingga 2020 bisa dipersiapkan pembangunan maupun infrasrtuktur dasar," ujar Bambang di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (13/3/2019).

Setelah lokasi Ibu Kota baru ditentukan, pemerintah bersama dengan DPR akan menggodok produk hukum yang sesuai untuk mematangkan rencana pemindahan Ibu Kota tersebut.

"Nantinya dengan DPR akan membahas penetapan UU sekaligus membahas persetujuan Ibu Kota baru," ujar dia.

Sementara soal anggaran, Bambang menekankan, pemerintah ingin menekan ketergantungan anggaran pemindahan Ibu Kota baru terhadap APBN.

Kepala Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Masuk RPJMN 2020-2024

Selain itu, juga diperlukan revisi mengenai produk hukum, terutama yang terkait dengan perencanaan tata ruang.

Menurutnya, pemerintah akan memberikan insentif agar BUMN serta pihak swasta turut terlibat dalam rencana pembangunan yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024 ini.

Sebelumnya, Bambang pernah mengungkapkan, untuk membangun Ibu Kota baru, dana yang dibutuhkan sebesar Rp 466 triliun atau 33 miliar dollar AS.

"Karena biaya ini tidak murah, Presiden ingin penggunaan APBN seminimal mungkin sehingga diperlukan untuk membuat aturan khusus terkait insentif agar BUMN dan swasta bisa terlibat," ujar Bambang.

Adapun hingga saat ini, terdapat dua lokasi di wilayah Kalimantan yang dipertimbangkan menjadi ibu kota baru.

Yang pertama adalah di kawasan Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur serta Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah.

Jokowi Datangi Langsung Calon Ibu Kota di Kalimantan Tengah : Biar Dapat Feeling-nya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Keputusan Lokasi untuk Ibu Kota Baru Ditentukan Tahun Ini",
Penulis : Mutia Fauzia
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved