Rabu Pekan Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik di Pelabuhan Tanjung Perak

Tiga daerah tujuan diprediksi akan mendominasi, yakni Banjarmasin, Balikpapan, dan Makasar

Rabu Pekan Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik di Pelabuhan Tanjung Perak
Kompas.com
Arus balik Idul Fitri 2019 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya(KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Arus balik melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya diprediksi terjadi pada H+6 Lebaran atau Rabu (12/6/2019).

Tiga daerah tujuan diprediksi akan mendominasi, yakni Banjarmasin, Balikpapan, dan Makasar.

"Puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada H+6, tujuan utama yakni Banjarmasin, Balikpapan, dan Makasar," kata VP Corporate Communication Pelindo III, Wilis Aji Wiranata, Senin (10/6/2019).

Dia menyebut, arus penumpang kapal laut pada angkutan Lebaran tahun ini di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo III, meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Catatan Pelindo III, sejak H-15 hingga H+3 Lebaran, ada 338.130 pemudik atau meningkat 31 persen dari periode yang sama tahun 2018 sebanyak 257.211 pemudik.

Puncak arus mudik kata dia terjadi pada H-6 dengan 31.369 pemudik. Saat itu di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pemudik yang turun mencapai 17.354 penumpang.

"Selanjutnya di Pelabuhan Banjarmasin dengan 2.557 penumpang, dan di Pelabuhan Kalianget Madura dengan 1.239 penumpang," terangnya.

Para pemudik penumpang kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya kebanyakan datang dari Pelabuhan Balikpapan sebanyak 22.795 orang, Pelabuhan Makasar 21.195 orang, dan Pelabuhan Banjarmasin 18.399 orang.

Dia menyebut, arus mudik dan balik di pelabuhan yang dikelola Pelindo III tahun ini relatif lancar.

"Koordinasi yang baik dengan pemerintah, operator pelayaran, dan kesiapan infrastruktur membuat mudik kapal laut tahun ini lancar," ujarnya.

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved