Info PPDB 2019

Jalur Prestasi, Peserta PPDB di SMK Negeri 1 Cibinong Langsung Ikuti Tes Uji Bakat

Para peserta yang mendaftar PPDB melalui jalur prestasi di SMK Negeri 1 Cibinong, Kabupaten Bogor langsung di tes kemampaunnya

Jalur Prestasi, Peserta PPDB di SMK Negeri 1 Cibinong Langsung Ikuti Tes Uji Bakat
TribunnewsBogor.com/Nirjuniman Lafau
PPDB di SMK Negeri 1 Cibinong 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Nirjun Lafau

TRIBUNNEWSBOGOR.COM , CIBINONG - Para peserta yang mendaftar PPDB melalui jalur prestasi di SMK Negeri 1 Cibinong, Kabupaten Bogor langsung di tes kemampaunnya oleh panitia.

Salah seorang penguji PPDB jalur prestasi di SMK Negeri 1 Cibinong, Iyan Terdiana mengatakan, uji bakat merupakan bagian dari tahap verifikasi awal khusus jalur prestasi non akademik.

"Jadi ada beberapa bidang prestasi yang akan kita diuji seperti seni, olahraga, pramuka, dan keagamaan. Tujuannya itu kita bisa betul-betul mengetahui langsung kompetensi yang dimiliki sesuai dengan sertifikat yang dilampirkan, artinya ada bukti langsung gitulah, kita akan nilai langsung seberapa paham ia menguasai bidangnya, " terang Iyan pada Selasa (18/09/2019).

Peserta PPDB memperlihatkan kemapuannya saat mendaftar di SMK Negeri 1 Cibinong, Kabupaten Bogor
Peserta PPDB memperlihatkan kemapuannya saat mendaftar di SMK Negeri 1 Cibinong, Kabupaten Bogor (TribunnewsBogor.com/Nirjuniman Lafau)

Ia pun menambahkan, PPDB jalur prestasi memiliki proses verifikasi yang cukup berbeda dengan jalur PPDB yang lain.

"Jadi khusus bagi jalur prestasi, kalau itu prestasi bidang olahraga, atau bakat yang membutuhkan energi fisik, maka pertama harus lulus tes fisik dulu, lalu cek sertifikat, kalau layak baru uji kemampuan, dan lanjut ke verifikasi akhir," terang Iyan.

Iyan juga menyampaikan, hasil akhir akan tetap diputuskan oleh sistem dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

"Sejauh ini ada empat belas orang yang sudah medaftar lewat jalur prestasi, sedangkan baru lima orang yang sudah ke tahap uji bakat. Sisanya terhambat pada kekurangan berkas. Bagaimanapun juga, siapa yang akan masuk diterima itu bukan kita yang tentukan, tapi dari sistem ya dari Dinas," ujar Iyan.

Pemahaman peserta didik yang kurang mengenai kelengkapan berkas yang harus disiapkan untuk PPDB jalur prestasi, kini menjadi suatu hambatan.

"Kendalanya itu sebenarnya lebih banyak diberkas. Ada peserta yang bawa banyak sertifikat tetapi belum dilegalisir, itu kita gak akan proses. Terus kita tidak menilai jumlah sertifikat yang paling banyak, tapi yang kita cari itu sertifikat dengan jenjang prestasi yang paling tinggi, baik itu prestasi tingkat Kabupaten, Kota, Provinsi, atau Nasional," pungkas Iyan.

Penulis: Nirjuniman Lafau
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved