LRT Jabodetabek Akan Diuji Coba Oktober, Rute Cawang-Cibubur

Kereta lintas rel terpadu atau light rail transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) rute Cawang-Cibubur akan mulai diuji coba pada Oktober

LRT Jabodetabek Akan Diuji Coba Oktober, Rute Cawang-Cibubur
Alex Suban/Alex Suban
Rangkaian kereta Light Rail Transit atau LRT Jakarta disiapkan di jalur LRT di Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (11/7/2018). LRT fase 1 rute Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun sepanjang 5,8 kilometer ditargetkan selesai menjelang pelaksanaan Asian Games pada Agustus 2018. (Warta Kota/Alex Suban) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM — Kereta lintas rel terpadu atau light rail transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) rute Cawang-Cibubur akan mulai diuji coba pada Oktober 2019 ini.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan  Budi Karya Sumadi seusai pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman  Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Senin (5/8/2019).

Dia mengatakan, uji coba dilaksanakan pada Oktober agar saat pembangunan jalur telah selesai, rangkaian kereta sudah siap digunakan.

“Saya mengusulkan ke Pak Menko agar dari Cawang sampai ujung Cibubur, yang sudah selesai ini, saya minta Oktober diujicoba. Barang sudah di INKA, bawa ke sini diujicoba karena uji coba butuh waktu paling tidak enam bulan sehingga saat nanti Dukuh Atas selesai keretanya sudah siap,” ucapnya.

Menurut Budi, uji coba kereta yang dipercepat dilakukan menyusul pengalaman di LRT Palembang. 

Mantan Dirut Angkasa Pura II ini menyebut, uji coba kereta di LRT Palembang memakan waktu hampir satu tahun karena uji coba perlu dilakukan secara intensif.

Dengan memulai uji coba kereta pada Oktober nanti, dia berharap hal itu akan memangkas waktu uji coba sehingga moda transportasi massal bisa beroperasi dengan lebih cepat.

Terpisah, Menko Luhut mengaku setuju uji coba kereta untuk  LRT Jabodebek akan dilakukan pada Oktober mendatang. Menurut dia, uji coba memang perlu dilakukan lebih cepat karena proyek pembangunan transportasi massal itu telah molor hingga satu tahun.

“LRT ini terlambat hampir setahun gara-gara masalah pembebasan tanah. Tapi Agustus ini akan selesai, kita berharap tidak ada lagi pemunduran-pemunduran,” pungkasnya.

LRT Jabodebek yang sedianya bisa mulai beroperasi pada 2020 baru bisa beroperasi pada 2021 atau molor satu tahun dari rencana awal.

Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved