Susi Pudjiastuti Dinobatkan Jadi Menteri Paling Berpengaruh di Twitter, Versi Indonesia Indicator

Media sosial Twitter menjadi salah satu ruang publik bagi para netizen untuk menyoroti kebijakan dan kinerja para Menteri Kabinet Jokowi-JK

KOMPAS/ HENDRA A SETYAWAN
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dinobatkan menjadi Menteri paling berpengaruh di media sosial Twitter, bukan Presiden Jokowi.

Hal tersebut merupakan hasil riset Indonesia Indicator (I2).

Media sosial Twitter menjadi salah satu ruang publik bagi para netizen untuk menyoroti kebijakan dan kinerja para Menteri Kabinet Jokowi-JK dalam semester pertama 2019.

Sandal Jepit yang Diberikan 23 Tahun Lalu Ubah Hidup Pengemudi Ojek Online, Melanie Subono Terharu

Jan Ethes Diajak Salaman dengan Annisa Pohan, Ekspresi Cucu Jokowi Bikin Istri AHY Bereaksi Ini

Direktur Komunikasi I2, Rustika Herlambang mengatakan, pihaknya melakukan riset terhadap perbincangan netizen mengenai Menteri-menteri kabinet Jokowi-JK dari 1 Januari – 25 Juli 2019.

Selama itu, terjadi 2.989.714 percakapan.

“Twitter menjadi salah satu ruang publik bagi para netizen untuk menyoroti kebijakan dan kinerja para Menteri Kabinet Jokowi-JK dalam semester pertama 2019,” ujar Rustika saat dihubungi Kompas.com, Minggu (19/8/2019).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diwawancarai saat meninjau wilayah pesisir Banten yang terdampak tsunami menggunakan pesawat Cesna 208B Grand Caravan milik Maskapai Susi Air(KOMPAS.com/Rakhmat Nur Hakim)
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diwawancarai saat meninjau wilayah pesisir Banten yang terdampak tsunami menggunakan pesawat Cesna 208B Grand Caravan milik Maskapai Susi Air(KOMPAS.com/Rakhmat Nur Hakim) (Kompas.com)

Hasilnya, terdapat 10 nama menteri yang paling banyak disebut netizen. I2 menggunakan istilah “terpegah” yang berarti termasyur yang dimaknakan lebih netral ketimbang istilah “populer” yang berarti “dikenal dan disukai”.

Jokowi Berikan Sepatu dan Sepeda untuk Anggota Paskibraka dan Paduan Suara Gita Bahana

Lomba Gede Huap, Peserta Adu Cepat Habiskan Roti John 74 cm

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menempati urutan pertama dengan jumlah percakapan sebesar 653.052 cuitan. Percakapan ini berasal dari berbagai isu kebijakan terkait perikanan.

Sikap Menteri Susiyang sering dibela netizen Twitter, hingga sikap personal Menteri Susi yang menarik hati dan memberi inspirasi.

Hal ini dilihat dari emosi yang ditujukan pada percakapan Menteri Susi didominasi oleh emosi trust (mendukung), anticipation (harapan, saran, masukan, ajakan mendukung), dan joy.

Dapat Remisi HUT RI ke-74, 14 Warga Binaan Lapas Paledang Hirup Udara Bebas

Hasil Timnas U-18 Indonesia Vs Malaysia - Meski Agresif Menyerang, Squad Garuda Muda Gagal ke Final

Adapun jumlah netizen yang merespons Susi sebesar 128.241 akun manusia.

Posisi kedua ditempati Menko Polhukam Wiranto dengan 405.747 cuitan.

Menteri Terpegah ketiga di Twitter diduduki Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dengan 366.618 cuitan.

"Perhatian netizen pada Wiranto dan Luhut lebih banyak dipicu dari isu seputar bidang politik, hukum, keamanan dan pertahanan," kata Rustika.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Riset I2: Susi Pudjiastuti Jadi Menteri Paling Berpengaruh di Twitter", https://nasional.kompas.com/read/2019/08/18/07290741/riset-i2-susi-pudjiastuti-jadi-menteri-paling-berpengaruh-di-twitter
Penulis : Kontributor Bandung, Reni Susanti
Editor : Krisiandi

Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved