Petani di Jasinga Sering Alami Kekeringan, Berharap Dapat Perhatian dari Bupati Bogor

Tidak adanya saluran irigasi juga sangat berpengaruh terhadap lahan dan tanaman yang terdapat di sektor pertanian tersebut.

Petani di Jasinga Sering Alami Kekeringan, Berharap Dapat Perhatian dari Bupati Bogor
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
petani di Jasinga 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, JASINGA - Petani di wilayah Jasinga, Kabupaten Bogor sebut beberapa lahan pertanian mengalami kekeringan akibat musim kemarau.

Tidak adanya saluran irigasi juga sangat berpengaruh terhadap lahan dan tanaman yang terdapat di sektor pertanian tersebut.

Salah satu sektor pertanian yang mengalami kekeringan saat musim kemarau adalah wilayah Pangradin, Jasinga, Kabupaten Bogor.

Guna mencegah kekeringan yang lebih parah, warga masyarakat berharap agar pemerintah dapat membantu dengan cara membuatkan bendungan ataupun saluran irigasi.

"Untuk harapannya supaya kita lebih diperhatiin lagi oleh Bupati khususunya di bidang pertanian pangan sayuran," ujar Pps BPP Cigudeg, Suhanta kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (4/9/2019).

"Kami juga berharap sektor pertanian di Pangradin dibuatkan irigrasi atau bendungan-bendungan yang fungsinya untuk mengairi pertanian," sambungnya.

Diketahui, beberapa desa di Kecamatan Jasinga merupakan penghasil sayur-sayuran dan buah-buahan.

"Ini kan dari kelompok-kelompok ya. Ini dari kelompok Bungo Lestari itu menghasilkan jeruk terus pepaya california dari Pangradin kalau pisang dari Baguang, terus tomat dari poktan Harapan Makmur, sari manggis poktan Harapan Makmur Desa Pangradin," paparnya.

Terkait distribusi hasil panen, warga dari beberapa desa di Kecamatan Jasinga mendistribusikan hasil panennya ke pasar terdekat melalui tengkulak.

"Untuk saat ini produk-produk masyarakat ini didistribusikan ke pasar terdekat. Karena keterbatasan penjualan, ini upaya kita melakukan pengembangan," pungkasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved