Satgas Naturalisasi Ciliwung Kembali Bersihkan Sampah di Sungai Kedung Halang dan Tanah Sareal

Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kebersihan sungai Ciliwung agar bebas dari sampah.

Satgas Naturalisasi Ciliwung Kembali Bersihkan Sampah di Sungai Kedung Halang dan Tanah Sareal
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Anggota Satgas Naturalisasi Sungai Ciliwung, Suparno Jumar 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAH SAREAL - Satgas Naturalisasi Ciliwung, Kota Bogor kembali melakukan bersih-bersih sampah di Sungai Ciliwung, Kamis (26/9/2019).

Kali ini Satgas Naturalisasi Sungai Ciliwung melakukan pembersihan sampah di Sungai Ciliwung antara Kelurahan Sukaresmi Kecamatan Tanah Sareal dan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara.

Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kebersihan sungai Ciliwung agar bebas dari sampah.

Anggota Satgas Naturalisasi Ciliwung, Suparno Jumar menjelaskan kegiatan bersih-bersih sungai itu lebih mengajak semua pihak agar sadar untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

"Tujuannya itu untuk bersih-bersih sungai agar terhindar dari sampah. Jika bersih semua kan dapat merasakan manfaatnya," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com.

Lebih lanjut, Suparno Jumar memaparkan bahwa sampah yang banyak ditemukan di Sungai Ciliwung itu berupa plastik, alas kaki, kain pakaian dan limbah rumah tangga.

"Kami biasa menyebutnya dengan sampah bernama anaconda. Jadi anaconda itu adalah tali, plastik, kain, alas kaki yang terlilit membentuk tumpukan panjang sampah," jelasnya.

Suparno Jumar menilai bahwa penyebab masyarakat membuang sampah ke sungai itu harus ditinjau dari beberapa aspek, di antaranya minimnya persediaan tempat sampah.

"Jadi sebenarnya kita harus melihat terlebih dahulu penyebab masyarakat membuang sampah ke sungai. Bisa jadi, karena kurangnya tempat pembuangan sampah," ucapnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved