Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Lewat Online, Simak Caranya Berikut Ini !

Bagi pemilik kendaraan bermotor di DKI Jakarta yang masih menunggak pajak, mungkin saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melunasi

Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Lewat Online, Simak Caranya Berikut Ini !
ist
ilustrasi aplikasi Samsat Online Nasional 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Bagi pemilik kendaraan bermotor di DKI Jakarta yang sampai sekarang ini masih menunggak pajak, mungkin saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melunasinya.

Pasalnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Sedang memberlakukan keringanan dengan potongan hingga 50 persen sejak 16 September hingga 30 Desember 2019.

Nah, buat wajib pajak yang berniat untuk melunasinya namun hingga saat ini belum sempat menyambangi kantor Samsat setempat, tak perlu khawatir.

Anda bisa melakukannya secara online via aplikasi Samsat Online Nasional.

Bayar Pajak Kendaraan Diskon 50% sampai 30 Desember 2019, Simak Penjelasannya

Perda KTR di Kota Bogor Disindir, Dilarang Merokok Tapi Pajak Cukainya Jadi Pendapatan

Caranya juga tidak ribet, menurut akun sosial media BPRD tinggal mengunduh saja aplikasi tersebut dari Play Store.

Setelah itu, tinggal lakukan proses registrasi.

"Ikuti saja tata caranya setelah menginstal, seperti proses registrasi dan lain sebagainya.

Setelah itu bisa dilihat langsung untuk proses pembayaran pajak tahunan," kata pegawai call center Pajak Jakarta saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/10/2019).]

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk penunggak pajak di DKI Jakarta saat ini sedang ada program keringanan pajak mulai dari 25 sampai 50 persen sesuai ketentuan yang berlaku.

Fakta Akbar Alamsyah Korban Demo Rusuh Meninggal, Dikabarkan Hilang hingga Koma di RSPAD

Ngaku Suami-Istri, Polisi Ungkap Status Sebenarnya 2 Pelaku Penusukan Wiranto, KTP Jadi Bukti

Bila wajib pajak membayar menggunakan aplikasi Samsat Online Nasional, nantinya sanksi administrasi atau tunggakan pajak kendaraan bermotornya secara otomatis akan dihapuskan.

Sejumlah penunggak pajak kendaraan mengurus surat pernyataan membayar pajak setelah terkena razia pajak kendaran di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, Rabu (25/7/2018). Mereka diberikan waktu tiga hari untuk melunasi tunggakan. Bila tidak juga membayar, nomor pelat kendaraan mereka akan diblokir.(Kompas.com/Stanly Ravel)
Sejumlah penunggak pajak kendaraan mengurus surat pernyataan membayar pajak setelah terkena razia pajak kendaran di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, Rabu (25/7/2018). Mereka diberikan waktu tiga hari untuk melunasi tunggakan. Bila tidak juga membayar, nomor pelat kendaraan mereka akan diblokir.(Kompas.com/Stanly Ravel) (Kompas.com)

"Sudah otomatis diringankan, namun sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Nanti saat akan melakukan pembayaran, masyarakat akan diberikan kode booking untuk pembayaran yang bisa dilakukan langsung via transfer melalui ATM," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Online", https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/11/103145815/bayar-pajak-kendaraan-kini-bisa-online.
Penulis : Stanly Ravel
Editor : Aditya Maulana

Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved