Breaking News:

UMK Bogor 2020

Gaji OB di Kota Bogor Bakal Tembus Rp 4,1 Juta Tahun 2020, Ini Penjelasan Disnaker

Hal itu juga tidak terkecuali untuk karyawan atau buruh yang memiliki jabatan paling rendah di perusahaan tempatnya bekerja.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Damanhuri
Tribunnews.com
Ilustrasi Upah Minimum Kota/Kabupaten 2020 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Penetapan besaran Upah Minimun Kota (UMK) Kota Bogor oleh Pemprov Jawa Barat akan dilakukan besok.

Nantinya setelah ditetapkan pihak perusahaan wajib untuk mengikuti aturan tersebut.

Hal itu juga tidak terkecuali untuk karyawan atau buruh yang memiliki jabatan paling rendah di perusahaan tempatnya bekerja.

Kepala Dinas tenaga kerjaan dan Transmigrasi Kota Bogor (Disnakertrans) Samson Purba mengatakan bahwa besaran UMK tersebut tidak berpengaruh terhadap posisi jabatan buruh ataupun pekerja.

Kepala Dinas tenaga kerjaan dan Transmigrasi Kota Bogor (Disnakertrans) Samson Purba
Kepala Dinas tenaga kerjaan dan Transmigrasi Kota Bogor (Disnakertrans) Samson Purba (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

Bahkan jabatan office boy sekalipun berhak untuk menerima upah sebesar UMK yang ditetapkan oleh Provinsi Jawa Barat.

"Iya berhak mendapat gaji UMK (jabatan UMK), enggak ada sesuai jabatan,  pokonya itu (UMK), upah minimum paling rendah," katanya Kamis (21/11/2019) saat ditemui di ruang kerjanya.

Sementara itu mengenai besaran UMK Kota Bogor yang sudah diusulkan Pemkot Bogor melalui Disnakertrans Kota Bogor kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2020 sebesar Rp 4.169.808.

Samson Purba menjelaskan bahwa hasil tersebut merupakan keputusan bersama saat sidang dengan dewan pengupahan.

"Upah minimun Kota Bogor itu sudah disidangkan dengan dewan pengupahan kota yang unsurnya ada dari pemerintah pengusaha dan pekerja ditambah para pakar dari unsur perguruan tinggi, perguruan tinggi yang terlibat itu ada tiga nah hasil pertemuan tersebut disepakai kenaikan upah kota bogor itu 8.51 persen nah total nya sekarang untuk berlaku tahun 2020 UMK kita menjadi Rp 4.169.808," ujarnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved