Tak Banyak yang Tahu, Permainan Tradisional Indonesia Ini Mendunia, Dijual di Toko-Toko Mainan Eropa

Permainan tradisional Indonesia rupanya beberapa di antaranya juga sering dimainkan oleh anak-anak di Eropa.

Tak Banyak yang Tahu, Permainan Tradisional Indonesia Ini Mendunia, Dijual di Toko-Toko Mainan Eropa
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Peserta Musyawarah Nasional Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia bersama Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) memainkan permainan tradisional Surakarta Game di Highland Park Resort, Tamansari, Kabupaten Bogor, Selasa (10/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TAMANSARI - Permainan tradisional Indonesia rupanya beberapa di antaranya juga sering dimainkan oleh anak-anak di Eropa.

Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) dalam acara musyawarah nasional (munas) Pembinaan Ideologi Pancasila lewat permainan tradisional di Tamansari, Kabupaten Bogor menyebut bahwa ada beberapa permainan tradisional Indonesia yang ditemukan ternyata populer di kalangan anak-anak di luar negeri.

Seperti permainan tradisional bergenre strategi yang bernama Surakarta Game.

Ketua Umum KPOTI Zaini Alif menjelaskan bahwa kemungkinan orang eropa pertama kali melihat permainan tradisional ini di Surakarta, Jawa Tengah.

Kemudian permainan ini dibawa ke negara asalnya dengan nama lain.

Namun pada faktanya, permainan asli dari Surakarta Game ini menyebar di pelosok Indonesia tapi dengan nama istilah permainan berbeda-beda di tiap masing-masing daerah.

"Surakarta Game itu kan dibawa ke Eropa tahun 60-an. Kemudian mungkin pertama kali mainnya di Surakarta maka diberi mama Surakarta Game. Padahal mainan aslinya adalah bas-basan spur, atau mul-mulan, kalau di Jawa Barat momotoran dan sebagainya," kata Zaini Alif di sela-sela rangkaian acara munas di Tamansari, Kabupaten Bogor, Selasa (10/12/2019).

Zaini mengungkapkan bahwa permainan tradisional ini dihargai di luar negeri sebagai mainan wajib di sekolah-sekolah.

Bahkan banyak orang Eropa yang suka memainkannya hingga permainan-permainan ini juga dijual di toko-toko mainan di Eropa.

Halaman
123
Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved