Breaking News:

Gara-gara Pajang Gambar Ini, Putri Bruce Lee Gugat Restoran China Rp 420 Miliar

27 Desember 2019, Shannon Lee putri Bruce Lee menggugat rumah makan bernama Real Kungfu.

Instagram
Bruce Lee 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Anak perempuan Bruce Lee, Shannon Lee menggugat rumah makan cepat saji di China senilai 30 juta dollar AS atau sekitar Rp 420 miliar (kurs Rp 14.000).

Melansir Reuters, 27 Desember 2019, Shannon Lee menggugat rumah makan bernama Real Kungfu.

Gugatan tersebut dilakukan melalui perusahaan yang dipimpin Shannon Lee, Bruce Lee Enterprises pada Rabu, 25 Desember 2019.

Usai Avengers: Endgame, Marvel Akan Rilis Film Shang Chi, Terinspirasi dari Master Kung Fu Bruce Lee

Kartika Putri Bereaksi Masa Lalu Artis Seksinya Dibahas Nikita Mirzani, Habib Usman Ucap Istighfar

Gugatan dilakukan lantaran Restoran tersebut diduga menggunakan gambar ayahnya, Bruce Lee di logo restoran tersebut tanpa izin.

Dalam logo yang dipersoalkan tersebut, terlihat seorang laki-laki yang menggunakan kaos panjang kuning bergaris hitam sangat mirip dengan Bruce Lee.

Laki-laki dalam logo restoran China tersebut juga terlihat dengan pose siap menyerang seperti pose Bruce Lee yang ikonik. 

Bruce Lee
Bruce Lee ()

Shannon Lee meminta Real Kungfu tidak lagi memasang gambar Bruce Lee dan membayar senilai 88 ribu Yuan untuk menggunakannya secara legal.

Dia juga meminta kepada Restoran tersebut untuk melakukan klarifikasi selama 90 hari bahwa mereka tidak memiliki afiliasi dengan Bruce Lee.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S10 Lite, Kabarnya Bakal Rilis Januari 2020

Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Bakal Diumumkan di Stadion Pakansari Besok

Pada Kamis, 26 Desember 2019, dalam akun Weibo, Real Kungfu menyatakan jika mereka telah menggunakan logo tersebut selama 15 tahun.

Dalam akun tersebut tertulis, jika memang dulu ada beberapa permasalahan, penggunaan logo tersebut sudah disetujui oleh otoritas nasional.

"Kami bingung bahwa kami akan dituntut setelah bertahun-tahun kemudian," tulisnya seperti dikutip dari Reuters.  Real Kungfu diektahui berdiri pada 1990 dan memiliki outlet yang tersebar di 57 kota di China.

Restoran ini menjual rice bowl dengan berbagai hidangan makanan China.

Kasus gugatan terhadap penggunaan gambar Bruce Lee mencuat saat China sedang meningkatkan perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual.

Salah satu topik yang menjadi perselisihan dalam perang dagang antara China dengan Amerika Serikat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Putri Bruce Lee Gugat Restoran China Rp 420 Miliar, Ini Sebabnya...", https://www.kompas.com/tren/read/2019/12/28/063000365/putri-bruce-lee-gugat-restoran-china-rp-420-miliar-ini-sebabnya-?page=all#page2.
Penulis : Virdita Rizki Ratriani
Editor : Virdita Rizki Ratriani

Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved