Sukajaya Diterjang Longsor

Target Seminggu Buka Akses Jalan Terisolir karena Longsor di Bogor, Menteri PUPR Tambah Alat Berat

Alat berat kemudian ditambah menjadi 11 kendaraan alat berat untuk mempercepat membuka akses jalan yang tertutup longsor.

Target Seminggu Buka Akses Jalan Terisolir karena Longsor di Bogor, Menteri PUPR Tambah Alat Berat
BKP Kementerian PUPR
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjawab wartawan saat meninjau lokasi longsor di Kecamatan Sukmajaya, Bogor, Jabar, Minggu (5/1).(BKP Kementerian PUPR 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumaan Rakyat (PUPR) akan menambah kendaraan alat berat untuk membersihkan material longosng agar jalan utama menuju desa-desa di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor yang terisolir.

Hal tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo yang menargetkan seminggu ke depan akses jalan sudah bisa dibuka.

“Ini ada beberapa desa yang terisolir. Untuk itu saya buat dua tim. Kalau Bapak Presiden Jokowi kasih waktu seminggu, itu insyaallah bisa tembus,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai meninjau lokasi longsor di Sukajaya pada Minggu (5/1/2019).

Basuki mengatakan sejak Sabtu (4/1/2020) Kementerian PUPR telah mengirimkan 6 excavator, 1 loader, dan 1 buildozer.

Alat berat kemudian ditambah menjadi 11 kendaraan alat berat untuk mempercepat membuka akses jalan yang tertutup longsor.

“Metodenya, setelah satu jalur menuju Sukajaya tembus, selanjutnya alat berat ini langsung berangkat ke desa berikutnya, kemudian kendaraan di belakang masuk untuk membersihkan,” jelas Basuki.

Untuk jalan utama menuju Desa Pasir Madang, Basuki Hadimuljono menarget bisa selesai dan dapat diakses Senin (6/1/2019).

“Untuk Desa Pasir Madang, Sukajaya, mudah-mudahan besok sore bisa tembus,” kata Menteri Basuki.

Desa Pasir Madang adalah dari 6 desa yang hingga kini masih terisolir akibat longsor saat hujan deras yang membuat Sungai Cidurian Kabupaten Bogor meluap.

Selain di Desa Pasir Madang, ada beberapa desa yang mengalami bencana longsor yakni Desa Kiarasari, Kiara Pandak, Urug, Cisarua, dan Desa Cileuksa.

Halaman
12
Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved