Kepala LIPI: Kebun Raya Adalah Platform Riset

Indonesia saat ini memiliki 39 kebun raya yang mencerminkan keragaman eco-region Indonesia.

Kepala LIPI: Kebun Raya Adalah Platform Riset
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa Kebun Raya adalah platform untuk melakukan penelitian terkait kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Indonesia saat ini memiliki 39 Kebun Raya yang mencerminkan keragaman eco-region Indonesia.

Dari keterangan yang diterima TribunnewsBogor.com dari Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI ada lima kebun raya yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kelima Kebun Raya tersebut adalah Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bali, dan Kebun Raya Cibinong.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa Kebun Raya adalah platform untuk melakukan penelitian terkait kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia.

Handoko menjelaskan, prinsip konservasi menjadi landasan dalam kegiatan riset pemanfaatan kekayaan hayati yang dilakukan Kebun Raya.

“Prinsip ini yang kita lakukan di LIPI. Ini menjadi bagian penting dan pertama kali harus dilakukan, sebelum kita melakukan penelitian untuk pemanfaatan lebih lanjut," ujarnya Rabu dari keterangan yang diterima TribunnewsBogor.com, (15/1/2020).

Dirinya mengungkapkan, selain kegiatan konservasi dan riset, keberadaan kebun raya juga memiliki fungsi jasa lingkungan, pendidikan, dan wisata.

“LIPI akan fokus pada fungsi-fungsi konservasi dan riset sesuai perannya sebagai lembaga penelitian,” ujarnya.

Handoko menerangkan, partisipasi berbagai pihak perlu dilakukan agar fungsi-fugsi lainnya bisa memenuhi harapan masyarakat sebagai pengguna layanan.

“Kita harapkan keterlibatan publik bisa mengembangkan variasi layanan edukasi tentang pentingnya konservasi lingkungan  dengan cara-cara yang lebih mengena kepada masyarakat," kata Handoko.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved