Banjir Awal Tahun 2020

Tak Ada Peringatan Dini Saat Jakarta Banjir Lagi, Ketua Forum Warga Jakarta: Anies Tak Bisa Kerja

Tigor mengungkapkan tidak ada pergerakan dari Pemprov DKI sejak hujan turun pada dini hari dan banjir melanda pada pagi hari.

Twitter/@taminotohutomo
Air banjir rendam jalanan di depan Universitas Atma Jaya Jakarta pada Sabtu (18/1/2020) pagi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Kembali tergenangnya beberapa wilayah di DKI Jakarta memicu respons Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta), Azas Tigor Nainggolan, Sabtu (18/1/2020).

Tigor mengungkapkan tidak ada pergerakan dari Pemprov DKI sejak hujan turun pada dini hari dan banjir melanda pada pagi hari.

Menurut Tigor, kembali tidak adanya peringatan dini (early warning system) dan penanganan bantuan darurat (emergency response) bagi korban menunjukkan Gubernur Anies Baswedan tidak bisa bekerja.

"Kembali tidak adanya persiapan menghadapi banjir di Jakarta pada hari ini membuktikan bahwa benar jika Anies Baswedan sebagai gubernur Jakarta tidak bisa kerja," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Tribunnews, Sabtu (18/1/2020).

Banjir di Kebon Pala, Makassar, Jakarta Timur pada Sabtu (18/1/2020) pagi
Banjir di Kebon Pala, Makassar, Jakarta Timur pada Sabtu (18/1/2020) pagi (Twitter/@BNPB_Indonesia)

Tigor menyebut, tak ada persiapan yang dilakukan oleh Pemprov DKI sejak kejadian banjir pertengahan Desember 2019 silam.

"Kejadian banjir di Jakarta 17 Desember 2019, 1 Januari 2020 dan hari ini 18 Januari 2020. Anies Baswedan sebagai gubernur Jakarta tidak lakukan persiapan apa pun untuk menghadapi datang ketiga peristiwa banjir di Jakarta," ungkapnya.

Tigor mengungkapkan Jakarta memang menjadi kota rawan banjir.

"Hampir setiap tahun alami banjir. Artinya datangnya banjir saat ini tidak dielakkan," ungkapnya.

Namun Tigor menyebut hal tersebut dapat terantisipasi dengan peringatan dini untuk meminimalisir dampak.

"Anies Baswedan sebagai Gubernur Jakarta memiliki tanggung jawab melindungi dari kerugian akibat banjir di Jakarta," ungkapnya.

Halaman
1234
Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved