Siap Siaga Menghadapi Covid-1

WHO menyebutkan Kasus ini terus berkembang hingga akhirnya diketahui bahwa penyebab kluster pneumonia ini adalah novel coronavirus.

Siap Siaga Menghadapi Covid-1
Istimewa
Coronavirus menjadi masalah kesehatan dunia. Kasus ini diawali informasi adanya kasus kluster pneumonia dengan penyebab penyakit yang tidak jelas di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. 

SEPERTI kita ketahui pada awal tahun 2020,  novel Coronavirus menjadi masalah kesehatan dunia.

Kasus ini diawali informasi adanya kasus kluster pneumonia dengan penyebab penyakit  yang tidak jelas di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Informasi ini berasal dari Badan Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO) pada tanggal 31 Desember 2019.

WHO menyebutkan Kasus ini terus berkembang hingga akhirnya diketahui bahwa penyebab kluster pneumonia ini adalah novel coronavirus.

Dan kasus ini terus berkembang hingga adanya laporan kematian dan terjadi importasi di luar China.

Pada tanggal 30 Januari 2020, WHO menetapkan COVID-19 sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)/ Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Yang Meresahkan Dunia (KKMMD).

Pada tanggal 12 Februari 2020, WHO resmi menetapkan penyakit novel coronavirus pada manusia ini dengan sebutan Coronavirus Disease (COVID-19).

WHO melaporkan bahwa penularan dari manusia ke manusia tidak banyak, hanya pada orang yang berhubungan erat dengan penderita seperti keluarga dan petugas kesehatan yang merwatnya.

Penularan dari manusia ke manusia kemungkinan terjadi melalui percikan ludah, dan benda yang terkontaminasi.

Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi adalah melalui cuci tangan secara teratur, menerapkan etika batuk dan bersin, menghindari kontak secara langsung dengan ternak dan hewan liar serta menghindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin.

Halaman
1234
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved