Waspada ! Peringatan Cuaca BMKG Hari Ini, Rabu 26 Februari 2020: Daerah Ini Berpotensi Cuaca Ekstrem

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem, diperkirakan terjadi mulai besok, Rabu, 26 Februari 2020.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
ILUSTRASI Pukul 10.55 WIB, Selasa (18/2/2020) hujan terjadi di beberapa wilayah di Kota Bogor 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem, diperkirakan terjadi mulai besok, Rabu 26 Februari 2020.

Peringatan dini cuaca dibuat berdasarkan update terakhir pada hari ini, Selasa (25/2/2020) pukul 15:55 WIB.

Berdasarkan hasil analisis perkembangan musim hujan dasarian II Februari 2020 dapat disampaikan bahwa 100% wilayah zona musim (ZOM) di Indonesia telah memasuki musim hujan, termasuk wilayah Jabodetabek.

Kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan faktor skala regional-lokal berkontribusi signifikan terhadap pembentukan pola hujan dan cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

Kondisi curah hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jabodetabek cukup merata terjadi dari wilayah selatan hingga utara dengan intensitas tertinggi terukur pada tanggal 25 Februari pukul 07.00 WIB di wilayah Kemayoran 278 mm.

Cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Jabodetabek beberapa hari terakhir secara dominan dipicu oleh faktor dinamika atmosfer skala lokal, yaitu adanya pembentukan pola konvergensi (pertemuan massa udara) dan kondisi labilitas udara yang kuat di wilayah Jawa bagian barat, termasuk wilayah Jabodetabek.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan lebat dan hujan lebat disertai angin kencang kilat/petir besok Rabu hingga Kamis dilansir dari laman bmkg.go.id, Selasa (25/2/2020):

Rabu, 26 Februari 2020

Wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah :

- Banten

Halaman
1234
Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved