Breaking News:

Beredar Video Hoaks Rekaman Suara yang Menyebutkan 2.800 Napi di Bogor Bebas, Begini Faktanya

Beberapa hari terakhir publik dibuay resah dengan video hoax rekaman suara yang menyebutkan 2800 narapidana di Bogor dibebaskan.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Lapas Paledang Kota Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Beberapa hari terakhir publik dibuat resah dengan video hoaks rekaman suara yang menyebutkan 2.800 Narapidana di Bogor dibebaskan.

Video yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab itu pun langsung dibantah oleh Kepala Lapas Kelas IIA Bogor Teguh Wibowo.

Saat dikonfirmasi Kalapas Kelas IIA Paledang Bogor menegaskan bahwa kapasitas dan jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau napi di Lapas Kelas IIA Bogor tidak sampai 1000 orang.

"Kapasitas dikita tidak sampai 1000, saat ini yang ada di lapas ada 744 WBP, jadi jelas video yang beredar itu tidak benar," katanya saat dikonfirmasi Rabu (6/5/2020).

Sementara itu di lokasi yang sama Kepala Keamanan Lapas Kelas II A Paledang, Kota Bogor, Rahmad Mintarja saat dikonfirmasi mengatakan bahwa sebelum dilakukan asimilasi total napi di Lapas Kelas IIA Bogor  813 dan yang dapat asimilasi sekitar 69 orang.

Namun demikian ada beberapa Narapidana yang sudah bebas karena sesuai masa kurungan penjara.

Rahmat menjelaskan jika Peraturan Menteri Nomor 10 tahun 2020. PP Nomor 99 Tahun 2012 tetap berlaku, yang mengatur Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan bagi narapidana kasus tertentu maka akan ada narapidana yang kembali bebas.

"Iya tapi sesuai aturan yang ada saat ini persyaratan untuk asimilasi dirumahkan itu diperketat semua," katanya.(*)

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved