Perbandingan PS5 dengan PS4, Penyimpanan Sudah Pakai SSD, Berapa Harganya ?

Sony sebagai pengembang gim konsol PlayStation (PS) telah mengumumkan wujud dari seri terbarunya, yaitu PlayStation 5 (PS 5) pada Jumat (12/6/2020) la

Editor: Ardhi Sanjaya
Kolase Foto Surya/Kompas.com/Amazon
Perbandingan PS 4 dan PS 5 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Berikut adalah perbandingan konsol Playstation PS 4 dibandingkan dengan versi penerusnya yaitu PS 5, Minggu (14/6/2020). 

Sony sebagai pengembang gim konsol PlayStation (PS) telah mengumumkan wujud dari seri terbarunya, yaitu PlayStation 5 (PS 5) pada Jumat (12/6/2020) lalu. 

Kehadiran PS5 ini telah ditunggu-tunggu oleh pecinta gim konsol sejak pertama diumumkan pada pertengahan Maret lalu.

Adapun, sejumlah peningkatan atau upgrade diberikan pada PS 5 untuk melampaui generasi sebelumnya yaitu PS 4.

Dilansir dari artikel Kompas.com berjudul "Perbandingan Spesifikasi PS5 Vs PS4, Sejauh Apa Peningkatannya?", Peningkatan ini tercatat dari segi hardwarre yang lebih bertenaga, kecepatan waktu loading, dan mampu melahap resolusi gambar dengan lebih tinggi.

PS 5 ditenagai dengan dapur pacu 8 prosesor AMD Zen 2 dengan inti CPU berkecepatan 3,5 GH.

Dapur pacu milik PS5 ini lebih tinggi daripada milik PS4 yang hanya ditenagai 8 prosesor AMD Jaguar 1,6 GHz.

Dari segi kapasitas RAM (Random Access Memory), PS 5 memiliki kapasitas dua kali lebih besar dibandingakn dengan seri terdulunya, yakni 16GB.

Penggunaan GPU AMD yang memiliki 36 Compute Units (CU) dan daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops membuat kemampuan olah grafis di PS5 mendapatkan peningkatan besar. 

Pada seri PS4, kemampuan olah grafis yang dimiliki hanya dilengkapi dengan GPU PS4 dengan 18 CU dan daya komputasi 1,84 Teraflops.

Dari segi penyimpanan internal yang dimiliki, PS5 juga telah menggunakan Solid State Drive (SSD) yang memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibanding Hard Disk Drive (HDD) pada PS4.

Penggunaan SSD ini membuat waktu loading game bisa dipersingkat.

Lead System Architect of PlayStation 5 Mark Cerny mengklaim bahwa, berkat SSD, PS5 hanya membutuhkan waktu 2,7 detik saja untuk memuat sebuah game. Adapun SSD PS5 berkapasitas 825 GB yang masih bisa diperluas dengan SSD tambahan.

Tak ketinggalan, PS5 pun sudah menyertakan dukungan untuk resolusi gambar lebih tinggi, yakni hingga 8K, dibanding PS4 yang mentok pada resolusi 4K.

Perbandingan Spesifikasi PS 5 vs PS4
Perbandingan Spesifikasi PS 5 vs PS4 (Kompas.com)
Halaman
12
Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved