Breaking News:

Tips Mencegah Rem Mobil Lengket karena Lama Tak Dipakai

beberapa bagian kendaraan menjadi turun kinerjanya, dan harus dicek ulang agar nyaman saat dikendarai kembali di masa transisi PSBB.

Dok. Facebook/NGS Batteries
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM --  Banyak mobil yang nongkrong di garasi rumah dalam waktu cukup lama karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah termasuk Jabodetabek.

Salah satu penyebabnya, karena jarang dipakai beraktivitas, misalnya untuk bekerja ke kantor karena harus dilakukan di rumah saja.

Akibatnya, beberapa bagian kendaraan menjadi turun kinerjanya, dan harus dicek ulang agar nyaman saat dikendarai kembali di masa transisi PSBB.

Imam Suyudi, Section Head Technical Service 4W PT SIS mengatakan, ada beberapa bagian penting yang perlu disiapkan ketika kendaraan hendak digunakan setelah diparkir dalam waktu yang lama.

Selain perlu mengecek kondisi ban, rem juga menjadi krusial saat kendaraan terparkir lama. Biasanya, rem tangan menjadi lengket dan akan mempengaruhi kenyamanan serta keamanan berkendara.

Hal tersebut terjadi karena ada genangan air atau mencuci mobil pada posisi rem tangan aktif, kemudian kendaraan diparkir dalam kondisi kampas rem basah.

Untuk menghindari rem mobil lengket, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Pastikan keempat roda/sistem rem kering sebelum kendaraan diparkir dalam jangka waktu yang lama.
2. Gunakan penahan roda/bantalan ban.
3. Posisi rem tangan tidak aktif/tidak menarik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lagi dalam merawat kendaraan yang telah terparkir atau diam dalam jangka waktu lama, yaitu kebersihan, mesin dan kelistrikan.

Pastikan bodi kendaraan selalu dalam keadaan bersih, roda atau sistem rem kering, ruang kabin bersih dan kering, serta gunakan alat/cairan pengusir binatang jika kendaraan diparkir di tempat yang memungkinkan adanya binatang masuk.

Halaman
12
Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved