Breaking News:

Viral Media Sosial

Viral Curhatan Anak Korban Perselingkuhan & Perceraian Orang Tua, Psikolog Angkat Bicara Ungkap Ini

menurut Adib, sebagian anak korban perceraian yang mengalami depresi dan kecemasan tidak mampu mengutarakan isi hatinya dan hanya memendamnya sendiri.

istock
ilustrasi anak yang terdampak perceraian orangtua 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Setiap perceraian dan perselingkuhan dalam rumah tangga akan membuat anak menjadi korbannya.

Hal itu diungkapkan psikolog Keluarga dari www.praktekpsikolog.com di Bintaro, Jakarta Selatan, Adib Setiawan, S.Psi., M.Psi., psikolog, saat menanggapi curhatan viral seorang anak yang orangtuanya bercerai.

"Ya memang setiap perceraian, perselingkuhan, yang jelas anak menjadi korban," kata Adib pada Tribunnews.com.

Viral curhatan seorang anak yang orang tuanya bercerai. Ia pun memprotes ayahnya yang selingkuh. Begini pengakuannya.
Viral curhatan seorang anak yang orang tuanya bercerai. Ia pun memprotes ayahnya yang selingkuh. Begini pengakuannya. (Twitter @teethadid)

Psikolog yang juga berpraktek di Klinik Terapi Anak dan Dewasa YPPI di Pondok Aren, Tangerang Selatan itu menilai, ada baiknya anak tersebut mampu mengungkapkan perasaannya melalui tulisan yang ia bagikan di media sosial.

Adib mengatakan, hal itu bisa membantu sang anak untuk memperoleh dukungan psikologis dari teman-temannya.

Sule Akhirnya Buka Suara soal Kasus Perceraian : Ada Hal Kurang Bagus untuk Diceritakan

6 Zodiak Ini Dikenal Cerdas Bak Google Berjalan: Libra Suka Pura-pura Bodoh, Aquarius Kutu Buku

Pasalnya, menurut Adib, sebagian anak korban perceraian yang mengalami depresi dan kecemasan tidak mampu mengutarakan isi hatinya dan hanya memendamnya sendiri.

"Ya beruntung dia mau curhat di media sosial, paling tidak dia bisa dapat dukungan psikologis dari teman-teman yang lain, karena banyak juga yang tidak mau curhat tapi dia menjadi depresi, menjadi cemas," terang Adib.

"Biasanya mereka mengalami depresi dan kecemasan juga sih, tapi paling tidak dengan dia mau curhat panjang lebar di sosmed, barangkali bisa memperingan yang dia alami saat ini, itu sesuatu hal yang positif," tambahnya.

Psikolog Keluarga Adib Setiawan, S.Psi., M.Psi. dari Yayasan Praktek Psikolog Indonesia (YPPI) (www.praktekpsikolog.com) yang beralamat di Bintaro, Jakarta Selatan.
Psikolog Keluarga Adib Setiawan, S.Psi., M.Psi. dari Yayasan Praktek Psikolog Indonesia (YPPI) (www.praktekpsikolog.com) yang beralamat di Bintaro, Jakarta Selatan. (Istimewa/Adib Setiawan)

Sementara itu, terkait curhatan anak korban perceraian yang mengatakan ia tidak lagi memiliki foto bersama ayah dan ibunya karena foto tersebut selalu dirampas oleh ibu tirinya, Adib menilai hal itu dikarenakan kecemburuan sang ibu tiri.

"Ibu tirinya mungkin masih cemburu dengan istri sebelumnya, jadi dompetnya (sang anak) kan dicek kemudian diambil fotonya," kata Adib.

Cinta Kuya Nangis Ternyata Anak Pungut Uya Kuya, Adik Nino Kesal Tahu Fakta Ini: Jahat Banget Sih

Baim Wong Tertegun Dengar Rafathar Curhat ke Nagita Sampai Singgung Dosa, Gigi: Gw Kadang Heran

Halaman
1234
Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved